Jelang Piala Presiden 2015, PSM Masih Rawan di Lini Belakang

oleh Abdi Satria diperbarui 04 Agu 2015, 19:03 WIB
RAWAN - Sesuai evaluasi tim pelatih sejauh ini, PSM masih memiliki kelemahan di lini belakang.

Bola.com, Makassar - PSM Makassar sudah menggelar latihan sejak Rabu (22/07/2015). Pelatih sementara Juku Eja, Assegaf Razak, juga telah mengadakan gim internal.

Hasilnya, berdasarkan penampilan dan evaluasi tim pelatih, PSM masih bermasalah di lini belakang. Dua bek sayap yang pada ISL 2015 lalu dinilai belum optimal, masih mengandalkan Hendra Wijaya (kanan) dan Rasul Zainuddin (kiri). Begitu pun dengan bek tengah pasca pemutusan kontrak pemain asing Boman Aime (Pantai Gading) dan Irfan Raditya.

Advertisement

Ironisnya, dua stopper yang tersisa, Agung Prasetyo dan Ahmad Maulana, belum bergabung dalam latihan sampai Selasa (04/08/2015). Tidak hanya itu, manajemen memastikan tidak lagi memakai jasa kiper senior Markus Haris Maulana.

Kepada Bola.com, Direktur Teknik PSM, Sumirlan, mengungkapkan manajemen memutuskan lebih mengoptimalkan pemain muda dan berasal dari Makassar pada kompetisi mendatang untuk komposisi lokal.

Dengan alasan itulah, PSM melepas Ponaryo Astaman karena di posisi eks kapten timnas itu masih ada Syamsul Chaeruddin, Ardan Aras, Rasyid Bakri, dan rekrutan anyar Tamsil Sijaya, eks Persepam Madura United, yang merupakan produk PSM Yunior.

"Selain mereka, manajemen juga mempromosikan dua eks PSM U-21 di posisi gelandang yakni Nur Fajar dan Hasan Husain, sebagai pelapis seniornya," jelas Sumirlan, yang juga pernah jadi kapten di PSM.

Dari komposisi pemain PSM saat ini, praktis hanya ada lima pemain asal non-Makassar yang bertahan. Selain Agung dan Maulana yang berasal dari Sumut, ada tiga pemain lain yakni Dimas Galih Pratama, David Ariyanto, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh yang berasal dari Jatim.

"Keputusan manajemen ini bukan tanpa risiko. Tapi, kami tetap optimistis menatap persaingan di Piala Presiden dan LSI," tegas Sumirlan.

Karena itu, manajemen akan sangat selektif saat merekrut pemain asing musim depan. "Sesuai aturan, kami akan merekrut pemain asing berkualitas pada posisi berbeda yakni belakang, tengah, dan depan," papar Sumirlan, Direktur Pemasaran Semen Bosowa, sponsor utama PSM Makassar ini.

Baca Juga :

PSM Ingin Persebaya Masuk Grup Makassar Piala Presiden 2015

Buat Kepentingan PSM, The Maczman Konsolidasi di Tana Toraja

PSM Makassar Butuh Lawan Uji Coba setelah Piala Presiden