Lari dari Persija, Leo Tupamahu Cedera di PBR

oleh Iwan Setiawan diperbarui 15 Nov 2015, 14:10 WIB
Hal tak menyenangkan terjadi pada Leonard Tupamahu. Bek PBR itu cedera dan mengancam kansnya tampil di Piala Jenderal Sudirman. (Bola.com/Kevin Setiawan)

Bola.com, Malang - Bek berdarah Ambon, Leonard Tupamahu, tampaknya sedang mengalami kejadian tidak menyenangkan. Sempat lari dari pemusatan latihan Persija Jakarta di Batu untuk bergabung dengan klub lain, Persipasi Bandung Raya (PBR), kini Leonard mengalami cedera paha kanan yang mengancamnya absen di laga pertama PBR melawan Arema Cronus, Senin (16/11/2015).

"Kondisi saya masih dilihat terus. Jadi belum tahu bisa atau tidak main melawan Arema. Mungkin kualat cabut dari Persija dengan tujuan ingin dapat kesempatan main lebih banyak. Ternyata sekarang cedera," kata pemain berusia 32 tahun ini.

Leonard mengalami cedera pasca uji coba di Medan. Sejak PBR latihan di Malang, dia hanya menggunakan baju santai dan duduk di pinggir lapangan. Sebuah tanda kalau cederanya cukup parah.

Akan tetapi, mantan bek Arema dan Barito Putera itu tak patah arang lantaran pernah mengalami cedera lutut yang lebih parah. Ia bisa melewati tahapan itu dan masih bisa bermain sampai saat ini.

Advertisement

Jadi bila sekarang harus absen kala melawan Arema, hal ini tak jadi soal baginya, apalagi masih ada tiga pertandingan lain yakni melawan Persija Jakarta, Sriwijaya FC, dan Gresik United.

Sebetulnya partai melawan Arema dan Persija sangat ditunggu Leo karena dua tim itu yang membesarkan namanya di dunia sepak bola Tanah Air. Kebetulan tim itu jadi lawan pertama dan kedua PBR, pada 16 dan 19 November ini. "Doakan saja lekas kembali pulih karena saya ingin bermain di turnamen ini," harapnya.

Tenaga Leo sangat dibutuhkan PBR karena di sektor stoper hanya menyisakan bek berpengalaman Waluyo dan pemain cadangan Chaerul Rifan. Bila sembuh, Leo akan ditandemkan dengan Waluyo.

Di ajang Piala Presiden lalu, Leonard Tupamahu juga jadi andalan lini belakang PBR. Namun, Leo gagal membawa timnya lolos dari fase penyisihan grup.