Semen Padang Yakin Bisa Ladeni Borneo FC di Stadion H. Agus Salim

oleh Arya Sikumbang diperbarui 03 Jan 2016, 18:00 WIB
Stadion H. Agus Salim di Padang mulai disiapkan untuk partai semifinal Piala Jenderal Sudirman yang dilakoni Semen Padang. Pengecatan tampak dilakukan untuk mempercantik stadion(Bola.com/Arya Sikumbang)

Bola.com, Padang - Tidak ingin kehilangan hak menggelar partai semifinal Piala Jenderal Sudirman di depan publik sendiri, di Stadion H. Agus Salim, Semen Padang terus berkoordinasi dengan pengelola stadion kebanggaan warga Sumbar itu jelang menghadapi Pusamania Borneo FC di leg kedua pada 16 Januari 2016.

Hal itu dilakukan karena operator turnamen, Mahaka Sports and Entertainment, sempat meragukan kapasitas stadion yang dibangun pada 1983 itu. Setelah kompetisi reguler terhenti April 2015, Stadion H. Agus Salim dikabarkan dalam kondisi tidak terawat. Hal itulah yang jadi sorotan Mahaka Sports.

Bila dari hasil laporan kondisi stadion masih tetap dianggap kurang representatif, bukan tak mungkin Mahaka akan memindahkan venue ke tempat lain. Akan tetapi, Semen Padang menjanjikan perbaikan.

Sejak beberapa hari terakhir terlihat kesibukan di stadion yang berkapasitas hingga 20 ribu penonton itu. Sejumlah pekerja melakukan berbagai pengerjaan mulai pengecatan, renovasi ruang ganti, dan pembenahan rumput stadion.

Advertisement

Direktur teknik PT Kabau Sirah Semen Padang (KKSP) selaku pengelola klub, Asdian, mengatakan banyak perbaikan yang dilakukan jelang bertindak sebagai tuan rumah leg kedua semifinal kontra Pusamania Borneo FC. Hal utama perbaikan menurut Asdian adalah pembenahan kultur dan rumput lapangan.

"Sebenarnya tidak ada masalah krusial, cuma saat ini kami harus memperbaiki sarana dan prasarana yang ada. Untuk lapangan, kami berharap hujan sehingga rumput semakin baik pasca dipotong beberapa waktu lalu," ujarnya.

Selain rumput, menurut Asdian hal lain yang harus segera diperbaiki, seperti ruang ganti, kunci loker pemain, shower dan kamar mandi. "Dalam beberapa hari ke depan semuanya bisa selesai termasuk pengecatan stadion," tambah mantan manajer Semen Padang itu.

Asdian optimistis menjelang hari pelaksanaan menjamu Borneo FC segala hal yang menyangkut perbaikan stadion dan lapangan telah selesai karena dikerjakan sejak jauh-jauh hari. Kubu Semen Padang berharap Mahaka bisa melihat upaya ini dan tetap menggelar leg kedua semifinal di Stadion H. Agus Salim.

Dari pantauan bola.com, terlihat tidak ada masalah di tribun stadion. Begitu pula rumput yang selama ini tumbuh subur buntut vakumnya kompetisi sudah dipotong sehingga stadion ini kembali rapi dan layak bertindak sebagai tuan rumah.

Sekadar mengingatkan, Stadion Agus Salim pernah bertindak sebagai home base Semen Padang pada Piala AFC 2013. Itu artinya stadion yang berada persis di jantung Kota Padang itu pernah lolos verifikasi AFC.