Foto: Inilah Negara-Negara yang Pernah dan Sedang Disanksi FIFA

oleh Ikhwan Yanuar HarunArief Bagus diperbarui 17 Agu 2022, 17:03 WIB
Foto Ilustrasi saat pemain Timnas Yunani saat melakukan selebrasi. Federasi Sepak Bola Yunani (EPO) disanksi FIFA pada 3 Juli 2006 karena melanggar statuta FIFA, melakukan politisasi dalam sepak bola, hukuman empat hari. (AFP/Daniel Mihailescu)
Foto Ilustrasi saat Timnas Nigeria saat melakukan akan melakukan pertandingan melawan Ekuador. Nigeria sudah dua kali mendapatkan sanksi FIFA, yaitu pada 4 Oktober 2010, Federasi sepak bola Nigeria (NFF) diganjar sanksi karena intervensi pemerintah, sanksi itu hanya berlangsung empat hari. (AFP via Getty Images/Tim Nwachukwu )
Foto Ilustrasi saat Timnas Kuwait saat akan melakukan pertandingan persahabatan melawan Australia. FIFA menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepak Bola Kuwait (KFA) pada 30 Oktober 2007, karena pemerintahnya melakukan intervensi dalam proses pemilihan ketua umum dan pengurus. (AFP/Yasser Al-Zayyat)
Foto Ilustrasi saat Timnas Peru saat melakukan sesi latihan. Federasi sepak bola Peru (FPF) disanksi FIFA pada 25 November 2008 karena, pemerintah tidak setuju dengan pengangkatan Manuel Burga sebagai Presiden FPF, sanksi dicabut 20 Desember 2008. (AFP/Cris Bouroncle)
Foto Ilustrasi saat Timnas Irak saat akan melakukan pertandingan. FIFA jatuhkan sanksi kepada Federasi Sepak Bola Irak (IFA) karena adanya intervensi yang dilakukan Komite Olimpiade Irak yang membubarkan IFA, keputusan tersebut dicabut empat bulan kemudian. (AFP/Sabah Arar)
Foto Ilustrasi saat Timnas Ethiopia saat melakukan sesi foto sebelum pertandingan. Federasi Sepak Bola Ethiopia disanksi FIFA pada Januari 2008 karena campur tangan pemerintah yang melengserkan Ketua umum EFF, Saat menunjuk ketua umum baru pada November 2008. (AFP / Habibou Kouyate)
Foto Ilustrasi saat pemain Brunei Darussaalam melakukan selebrasi di SEA Games 2017. Brunei Darussaalam pernah mendapat sanksi FIFA tahun 2009, sedangkan Indonesia saat ini menjalani sanksi FIFA. Ini adalah ujicoba Timnas Indonesia melawan Brunei, (29/3/2015). (AFP/Mohd Rashfan)
Foto Ilustrasi Timnas Indonesia. Indonesia salah satu Negara yang terkena Sanksi FIFA akibat campur tangan Pemerintah, Sanksi ini diberikan pada tanggal 30 Mei 2015 hingga 10 Mei 2016. Pencabutan sanksi itu dilakukan pada kongres ke-66 di Meksiko dan diumumkan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, 13 Mei 2016. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Foto Ilustrasi Timnas India saat akan menghadapi Bangladesh. India disanksi FIFA karena pihak ketiga, dalam hal ini campur tangan pemerintah setelah membubarkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF). FIFA yang geram dengan kebijakan Pemerintah India membekukan AIFF dan juga sepak bola negara tersebut dari sepak bola internasional, Selasa (16/8/2022). (AFP/Dibyangshu Sarkar)
Foto Ilustrasi Timnas Kenya saat akan menghadapi Togo di Piala Afrika 2019. Pada Februari 2022 Kenya dijatuhkan hukuman oleh FIFA karena Kementerian Olahraga memutuskan menunjuk komite sementara dalam menjalankan peran federasi. Sanksi kepada Kenya itu juga masih berlaku sampai saat ini. (AFP/Tony Karumba)
Foto Ilustrasi Timnas Zimbabwe di Piala Afrika 2021. Pada Februari 2022 FIFA menjatuhkan sanksi untuk Zimbabwe. Intervensi yang dilakukan Komisi Olahraga dan Rekreasi (SRC) kepada Asosiasi Sepak Bola Zimbabwe (ZIFA) terkait dugaan pelecehan seksual. (AFP/Pius Utomi Ekpei)
Foto Ilustrasi Timnas Pakistan di SAFF Championship 2013. FIFA menjatuhkan hukuman kepada Pakistan sebanyak dua kali, yaitu yang pertama pada Oktober 2017 usai Federasi Sepak Bola Pakistan (PFF) yang di bawah kendali administrator yang ditunjuk pengadilan melanggar statuta FIFA. Yang kedua FIFA kembali menghukum Pakistan pada tahun ini setelah sebuah kelompok mengambil alih markas federasi dari Komite Normalisasi. Pakiskan kembali dibebaskan dari sanksi pada Juli 2022. (AFP/Prakash Mathema)
Foto Ilustrasi Timnas Guatemala saat akan menghadapi Ekuador di pertandingan persahabatan. FIFA memberikan sanksi bagi Guatemala pada Oktober 2016 setelah komite transisi yang dibentuk tidak diakui petinggi Federasi Sepak Bola Guatemala. Pembentukan itu dianggap melanggar peraturan badan pengatur negara. Hukuman itu dicabut pada Juni 2018. (AFP/Jim Young)
Foto Ilustrasi Timnas Chad saat akan menghadapi Mesir di kualifikasi Piala Dunia. Pembubaran Asosiasi Sepak Bola Chad oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Maret 2021 membuat sepak bola negara itu dihukum FIFA pada Oktober 2021. Chad pun dilarang tampil di ajang internasional. FIFA membebaskan hukuman kepada Chad pada Oktober 2021 setelah pemerintah mencabut keputusan mereka dan membentuk komite nasional. (AFP/Stringer)

Berita Terkait