Gol Samsul Arif dan Atep Amankan Persib ke Semifinal

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 24 Mar 2016, 19:45 WIB
PS TNI vs Persib Bandung. (Bola.com/Samsul Hadi)

Bola.com, Bandung - Persib Bandung menang 2-0 atas PS TNI dalam lanjutan babak penyisihan Grup A Torabika Bhayangkara Cup 2016, Kamis (24/3/2016) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Dua gol Persib dicetak oleh Samsul Arif pada menit 45 dan Atep pada menit 47.   

Maung Bandung yang terus tertekan pada babak pertama tertolong oleh aksi Samsul Arif pada pengujung waktu babak pertama. Gol yang tercipta dari tendangan bebas membuat kubu Persib sedikit lega dan semakin termotivasi memenangi pertandingan. 

Terbukti, Persib langsung tampil menggebrak. Tanpa menunggu waktu, giliran Atep yang jeli memanfaatkan kesempatan mencetak gol dari jarak jauh. Baru satu menit babak kedua berjalan, Atep membuat Persib unggul 2-0 lewat tendangan jarak jauh yang melesat ke pojok kiri gawang PS TNI.   

Unggul 2-0, skuat arahan Dejan Antonic justru menambah amunisi lini depan, dengan memasukkan Tantan menggantikan Kim Jeffrey Kurniawan pada menit 50. 

Advertisement

Militansi anak-anak PS TNI tetap ditunjukkan meski sudah tertinggal 0-2. Percobaan pertama PS TNI di babak kedua dilakukan oleh Wawan Febrianto yang memberi umpan ke Tambun Naibaho. Sayang, sundulan Tambun masih terlalu lemah dan mampu ditangkap Made Wirawan. 

PS TNI mulai mengubah gaya permainan, dengan lebih sering memperagakan umpan panjang ketimbang permainan satu dua seperti pada babak pertama.

Kekurangan PS TNI adalah lemahnya penyelesaian akhir, sehingga meski mereka unggul dalam penguasaan bola, tapi tidak efektif saat mengeksekusi peluang. Sebaliknya, Persib memanfaatkan pengalaman pemain senior dalam memanfaatkan peluang dari bola-bola mati. 

PS TNI hampir saja memperkecil ketinggalan pada menit 70 andai tendangan bebas yang dieksekusi Manahati Lestusen tak melebar ke sisi kanan gawang Made Wirawan. 

Memasuki menit 80 dan masih unggul 2-0, Dejan Antonic mengganti dua pemain. Samsul Arif digantikan Febri Haryadi, sementara Yandi Sofyan menggantikan Juan Belencoso.

PS TNI lagi-lagi harus memendam kecewa akibat penyelesaian akhir yang buruk dari Tri yang gagal memanfaatkan umpan manis Manahati Lestusen. Hingga pertandingan berakhir, keunggulan 2-0 untuk Persib Bandung bertahan.

Dengan hasil ini, Persib meraih tiket ke babak semifinal setelah mengumpulkan tujuh poin. Persib tinggal memastikan satu pertandingan menentukan juara grup kontra Sriwijaya FC yang sama-sama bermodal tujuh poin, Sabtu (26/3/2016).

Sementara, kekalahan dari Persib Bandung membuat PS TNI tersingkir. Mereka masih menyisakan satu pertandingan kontra Mitra Kukar. Akan tetapi, meski nantinya PS TNI menang atas Mitra Kukar, mereka tetap tak bisa mengejar poin Persib dan Sriwijaya FC.

Susunan pemain:

PS TNI (4-3-3)

18-Dhika Bhayangkara (Kiper); 3-Wiganda Pradika, 69-Hardiantono, 26-Wanda Syahputra, 5-Syaiful Ramadhan; 24-Legimin Raharjo (C), 94-Lestusen Manahati, 10-M. Guntur Triaji; 23-Wawan Febrianto, 7-Muhammad Dimas Drajad, 22-Tambun Dibty Naibaho.

Cadangan: 20-Guntur Pranata (kiper), 4-Hendi Aprilianto, 17-M.Abduh Lestaluhu, 14-Rifad Marasabessy, 28-Safri Aal Irfandi, 19-Aldino Herdianto.

Pelatih: Edy Syahputra

Persib (4-4-2)
78-I Made Wirawan (kiper); 13-Agung Pribadi, 31-Yanto Basna, 2-Purwaka Yudi, 6-Tony Sucipto; 24-Hariono, 8-Taufiq, 23-Kim Jeffrey Kurniawan, 7-Atep (C), 9-Samsul Arif, 99-Juan Carlos Belencoso.

Cadangan: 1-M. Natshir Fadhil (kiper), 4-Dias Angga Putra, 16-Hermawan, 91-David Laly, 82-Tantan, 19-Febri Haryadi, 15-Yandi Sofyan Munawar.

Pelatih: Dejan Antonic