Kejuaraan Asia: Lolos Babak Utama, Fitriani Tantang Saina Nehwal

oleh Oka Akhsan diperbarui 26 Apr 2016, 12:24 WIB
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Fitriani, lolos ke babak utama Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016 setelah mengalahkan Chan Kit Lei (Makau) pada kualifikasi, Selasa (26/4/2016). (Bola.com/PBSI)

Bola.com, Wuhan - Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Fitriani, lolos ke babak utama Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016 setelah pada babak kualifikasi, Selasa (26/4/2016), mengalahkan Chan Kit Lei dari Makau.

Bermain di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, China, Fitriani menang mudah dua gim langsung 21-6, 21-9. Fitriani cuma butuh waktu 20 menit untuk mengatasi perlawanan Chan.

Advertisement

Unggul segalanya, Fitriani mampu mendikte permainan dan membuat sang lawan mati kutu. Banyaknya kesalahan yang dibuat Chan semakin memuluskan langkah Fitriani ke babak utama.

"Senang rasanya bisa main di Kejuaraan Asia dan berhasil lolos ke babak utama. Laga pertama ini saya manfaatkan untuk membaca arah angin dan mencoba variasi pukulan supaya bisa main lebih enak pada laga berikutnya," kata Fitriani dalam rilis PBSI yang diterima Bola.com.

Fitriani sudah ditunggu lawan berat pada babak utama. Pemain ranking 49 BWF itu bakal menghadapi unggulan kelima asal India, Saina Nehwal. Laga nanti merupakan pertemuan pertama keduanya pada pertandingan resmi.

"Menghadapi Saina Nehwal, saya cuma berharap permainan terbaik bisa keluar," ujar Fitriani.

Fitriani menyusul tiga tunggal putri Indonesia lain yang sudah memastikan tempat di babak utama, yaitu Linda Wenifanetri, Maria Febe Kusumastuti, dan Hana Ramadini.

Sama seperti Fitriani, Linda, Maria Febe, dan Hana juga langsung bertemu lawan yang tak mudah pada babak pertama. Linda akan berhadapan dengan Nitchaon Jindapol (Thailand), Maria Febe berjumpa Pusarla V. Sindhu (India), sedangkan Hana melawan Sayaka Sato (Jepang).

Selain babak kualifikasi untuk nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra, hari pertama Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016 juga menggelar babak pertama sektor ganda campuran. Ada tiga pasangan Indonesia yang tampil, yakni Praveen Jordan/Debby Susanto, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani, dan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja. Fitriani merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang merangkak dari kualifikasi.