Thailand Bersatu Dukung Ratchanok Intanon Demi Emas Olimpiade

oleh Oka Akhsan diperbarui 15 Jul 2016, 19:30 WIB
Ratchanok Intanon, terancam dicoret dari skuat Thailand untuk Olimpiade 2016 jika terbukti positif doping. (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Bangkok - Thailand bak tersambar petir di siang bolong jelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Andalan Negeri Gajah Putih untuk meraih medali emas dari cabang bulutangkis, Ratchanok Intanon, terancam batal berangkat ke Brasil.

Ratchanok sedang tersandung kasus dugaan doping. Berdasarkan laporan media-media Thailand, pemain tunggal putri ranking 4 BWF itu gagal tes doping saat memperkuat Thailand pada ajang Piala Uber 2016 di Kunshan, China, Mei silam.

Advertisement

Federasi Bulutangkis Thailand (BAT) mendapat informasi soal hasil tes doping Ratchanok pada Minggu (10/7/2016). Namun, zat terlarang apa yang terkandung dalam sampel Ratchanok belum diumumkan. BAT kini menunggu pengumuman resmi dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

BAT terus berkomunikasi dengan BWF. Sambil menunggu pengumuman resmi dari BWF, BAT meminta media berhenti memberitakan kasus doping Ratchanok supaya tak mengganggu persiapan tim bulutangkis Thailand menuju Olimpiade.

"Kabar ini masih rumor. BWF juga meminta BAT tak memberikan pernyataan apapun terkait hasil tes doping Ratchanok sampai ada pengumuman resmi dari BWF. Saya rasa BWF akan mengumumkannya tiga hari lagi. Setelah itu, BAT pasti akan menggelar konferensi pers," kata Sekretaris Jenderal BAT, Nahathai Sorprachum, kepada The National.

Kasus Ratchanok mendapat perhatian khusus dari Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha. Prayut khawatir kasus ini bukan hanya mengganggu mental Ratchanok, tapi seluruh anggota tim bulutangkis Thailand.

"BAT akan melakukan segala upaya supaya Ratchanok bisa bermain di Olimpiade. Kami harus segera membuat keputusan karena komposisi pemain akhir sudah harus masuk ke Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 18 Juli," ujar Prayut.

Prayut juga meminta otoritas terkait melakukan investigasi untuk mencari penyebab kasus doping yang menjerat Ratchanok. Berdasarkan informasi dari Bangkok Post, Ratchanok sempat mendapat suntikan untuk mengobati cedera lutut sebelum berangkat ke China. Zat terlarang dalam sampel Ratchanok diduga berasal dari suntikan tersebut.

Jika hasil tes Ratchanok benar-benar positif, dia pasti akan dicoret dari tim Olimpiade Thailand. Dia juga harus menjalani suspensi.

Thailand meloloskan tujuh pebulutangkis ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016, termasuk Ratchanok Intanon. Sebagai pemain dengan ranking terbaik, dia menjadi andalan Thailand untuk meraih medali emas pertama dari cabang bulutangkis di Olimpiade.