CEO Bayern Munchen: Kalender FIFA Seperti Bencana

oleh Ary Wibowo diperbarui 08 Nov 2016, 14:59 WIB
CEO Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge. (AFP).

Bola.com, Munchen - CEO Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge, menilai kalender internasional FIFA seperti "bencana" karena telah mengganggu konsentrasi sejumlah klub di liganya masing-masing. 

Advertisement

"Kalender internasional secara bertahap mulai kritis. Kami baru memulai untuk menemukan ritme bermain di Bundesliga, dan kemudian gangguan lain datang," kata Rummenigge. 

Pada musim 2016-2017, FIFA menjadwalkan pertandingan internasional pada periode September, Oktober, dan November. Tak jarang beberapa pemain kunci klub pun harus absen karena mengalami cedera setelah membela tim nasional mereka masing-masing dalam periode tersebut. 

"FIFA harusnya disarankan untuk membersihkan seluruh kalender internasional pada tahap tertentu. Ini adalah bencana karena akan selalu ada gangguan bagi klub sepak bola," Rummenigge menambahkan. 

Pada Oktober, Rummenigge juga sempat mengkritik masalah ini secara langsung kepada FIFA. Menurut dia, "Ini bukan mengenai memainkan sedikit pertandingan. Saya tahu itu tidak akan mungkin, tetapi saya tidak akan naif. Harapan saya, dalam tahap tertentu, kalender seperti ini harus dibersihkan."

Pada pekan ini, sejumlah pemain klub di dunia akan menjalani berbagai pertandingan, mulai dari Kualifikasi Piala Dunia 2018 hingga laga uji coba. Adapun kompetisi akan kembali dilangsungkan pada pekan depan. 

Sumber: ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini