Manajer Suzuki MotoGP Sadar Motor GSX-RR Masih Perlu Dikembangkan

oleh Muhammad Wirawan Kusuma diperbarui 08 Jan 2017, 15:09 WIB
Motor Suzuki GSX-RR yang turun di ajang MotoGP dinilai masih memiliki kelemahan.

Bola.com, Hamamatsu - Manajer proyek Suzuki MotoGP, Ken Kawauchi, mengatakan motor GSX-RR masih membutuhkan beberapa pengembangan lagi agar bisa bersaing dengan motor pabrikan lain. Dia mengakui salah satu kesulitan timnya adalah perangkat elektronika tunggal yang dipakai sejak MotoGP 2016.

 

Advertisement

Motor Suzuki GSX-RR sebenarnya sudah cukup kompetitif. Terbukti musim lalu tunggangan milik pabrikan asal Jepang itu beberapa kali membawa Maverick Vinales naik podium.

Bahkan, pada balapan di Inggris, Vinales mampu menjadi juara. Alhasil, Suzuki menempati posisi keempat di klasemen akhir tim dengan torehan 295 poin.

"Kami sudah lebih dekat dengan posisi puncak, tapi tahap pengembangan belum selesai," ujar Kawauchi seperti dikutip Speedweek, Minggu (8/1/2017).

"Kami berencana untuk melakukan kemajuan besar demi meningkatkan daya saing kami, tapi kami juga perlu untuk mengetahui secara detail jika ingin mengejar ketertinggalan dari tim lain," tambahnya.

Terkait ECU Magnetti Marelli, Kawauchi berharap perangkat ini bisa dibuat lebih mudah untuk pendatang baru seperti Suzuki. Dia menyebut, masalah ECU tunggal ini sebenarnya tak terlalu terasa pada musim 2015.

"Ketika peraturan berubah, kami harus beradaptasi untuk pengembangakan perangkat baru ini. Sejauh ini, Suzuki belum bisa mengatasinya," ujar Kawauchi.