FOTO: Helm Baru Valentino Rossi untuk Nicky Hayden dan Totti

oleh Nicklas Hanoatubun diperbarui 04 Jun 2017, 15:15 WIB
Valentino Rossi dengan helm dengan nomor 469 adalah gabungan dari nomor 46 dan 69 yang merupakan nomor miliknya dan Nicky Hayden saat sesi kualifikasi di Mugello, Italia (3/6/2017). (AP/Antonio Calanni)
Helm Valentino Rossi dengan gambar akan melakukan penalti, merujuk pada aksi Totti pada laga final Piala Eropa 2000 saat menaklukan kiper Van Der Sar. (EPA/Luca Zennaro)
Valentino Rossi saat menggunakan helm barunya pada sesi tes bebas Moto GP Italian Grand Prix di Sirkuit Mugello, Italia (3/6/2017). (AFP/Vincenzo Pinto)
Aksi Valentino Rossi saat beraksi dengan helem barunya pada babak kualifikasi balapan Moto GP di Sirkuit Mugello, Scarperia, Italia, (3/6/2017). Rossi menempati urutan kedua setlah Vinales. (AP/Antonio Calanni)
Valentino Rossi berfoto dengan helm barunya usai saat melakukan sesi tes bebas Moto GP Italian Grand Prix di Sirkuit Mugello, Italia (3/6/2017). (AFP/Vincenzo Pinto)

Bola.com, Mugello - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, melanjutkan tradisi memakai helm edisi spesial saat balapan di Sirkuit Mugello. Untuk MotoGP Italia 2017, pebalap asal Italia itu mengambil tema besar sepak bola.

Advertisement

"Helm tahun ini saya persembahkan untuk Francesco Totti yang baru saja pensiun pada pekan lalu. Dia adalah idola masa kecil saya dan merupakan salah satu atlet terhebat Italia dalam 20 tahun terakhir," kata Rossi pada konferensi pers selepas sesi kualifikasi MotoGP Italia, Sabtu (3/6/2017).

Rossi telah memamerkan helm edisi spesial Mugello tahun ini jelang sesi latihan bebas ketiga (FP3), Sabtu (3/6/2017). Helm berwarna hijau stabilo itu masih didesain oleh desainer helm kenamaan Italia, Aldo Drudi.

Pada bagian atas helm terdapat karikatur Rossi sedang bermain sepak bola. The Doctor memakai kostum biru-putih khas tim nasional sepak bola Italia bernomor punggung 46 dengan tangan kanan memegang si kulit bundar seolah-olah hendak mengambil tendangan penalti.

Terdapat pula tulisan 'ho je faccio er cucchiaio (I'm gonna chip him now)' yang merupakan judul buku autobiografi Francesco Totti yang dirilis pada 2006. Judul buku itu merujuk pada teknik tendangan penalti 'panenka' sekaligus kata-kata yang diucapkan Totti kepada rekan setimnya sebelum menjadi algojo saat Italia menjalani adu penalti melawan Belanda pada semifinal Piala Eropa 2000.

Sementara itu, di sisi belakang helm ada gambar bendera Italia dan tulisan 'Un Capitano... C'e Solo Un Capitano! (One captain... There is only one captain!)'. Itu merupakan bentuk penghormatan Rossi kepada Totti yang merupakan mantan kapten AS Roma dan setia bersama klub asal ibu kota Italia itu selama 26 tahun berkarier sebagai pesepakbola profesional hingga pensiun pada akhir musim ini.

Rossi mengaku mendapat inspirasi desain helm barunya saat sedang menjalani pemulihan setelah mengalami kecelakaan ketika berlatih motocross pada akhir pekan lalu. Ide tersebut datang sewaktu pebalap berusia 38 tahun itu sedang berbaring di kasur sambil menonton televisi bersama teman-temannya.

"Mungkin sulit untuk dijelaskan tapi Totti pernah melakukan tendangan penalti dengan teknik panenka pada semifinal Euro melawan Belanda. Hari itu Minggu dan saya sedang berbaring di kasur karena sulit bergerak (akibat cedera) sambil menonton televisi. Lalu teman saya berkelakar dengan mengatakan 'Minggu depan kamu bisa melakukan hal yang sama seperti Totti'. Maksudnya saya sudah dalam performa terbaik karena untuk melakukan tendangan panenka Anda harus berada dalam kondisi 100 persen!" ujar Rossi. (Bola.com/Oka Akhsan)

Berita Terkait