Kemenangan Horn atas Pacquiao Picu Kontroversi di Media Sosial

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 02 Jul 2017, 13:56 WIB
Ekspresi kegembiraan Jeff Horn setelah mengalahkan Manny Pacquiao pada perebutan sabuk juara kelas welter versi WBO di Stadion Suncorp, Brisbane, Australia, Minggu (2/7/2017). (EPA/Den Peled)

Bola.com, Brisbane - Kemenangan Jeff Horn atas Manny Pacquiao pada perebutan sabuk juara kelas welter versi WBO di Stadion Suncorp, Brisbane, Australia, Minggu (2/7/2017), menghebohkan media sosial. Para pengguna media sosial, terutama di Twitter, menilai kemenangan Horn tersebut kontroversial.

Advertisement

Sebagian besar mereka menilai pertarungan tersebut semestinya dimenangi Pacquiao, yang banyak melepaskan pukulan terarah kepada Horn sepanjang duel. Namun, seluruh juri memberikan kemenangan untuk Horn. Bahkan salah satu juri memberikan kemenangan 117-111 untuk Horn.

Saat keputusan juri diumumumkan, dalam hitungan detik media sosial langsung heboh. Mereka mengekspresikan rasa frustrasi atas keputusan juri tersebut.

Inilah sejumlah reaksi fans tinju yang disuarakan melalui Twitter:

"Tinju adalah lelucon dan itu terbukti lagi malam ini. Apakah Anda bercanda dengan poin itu?" tulis Aaron Rodgers di Twitter. 

Mantan petinju dunia, Lenox Lewis, hingga eks bintang NBA, Kobe Bryant, juga bereaksi. Bryant tidak menulis panjang lebar, hanya mengunggah video berisi gambar orang yang sedang memandang ke depan dengan ekspresi bingung. 

"Apa yang salah dengan tinju. Horn memang bermain bagus, tapi saya sulit menerima bagaimana dia bisa memenangi pertarungan itu," kata Lewis. 

Fans lain juga terang-terangan mengekspresikan kekecewaan mereka atas hasil mengejutkan tersebut. Salah satunya mantan bintang NBA, Chauncey Billups. 

"Pac-Man dirampok lagi. Itulah sebabnya MMA sangat besar sekarang," kritik Billups. 

"Jeff Horn hanya memberikan kurang dari delapan pukulan dalam satu ronde...delapan pukulan dalam satu ronde!!" tulis fans tinju lainnya, Lou Dibella.