Foto: Beda Nasib 9 Abang Adik di Dunia Sepak Bola Internasional

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 30 Apr 2022, 08:09 WIB
Granit Xhaka, Fabio Cannavaro dan Rio Ferdinand merupakan pesepak bola top dunia dengan prestasi yang gemilang. Namun tahukah kalian bahwa mereka mempunyai saudara kandung yang juga pesepak bola di klub profesional tapi memiliki nasib yang berbeda.
Rio Ferdinand (kiri) merasakan banyak gelar bersama Manchester United, salah satunya gelar Liga Champions. Berbeda dengan karir sang adik, Anton Ferdinand (kanan) yang sempat bermain bagi West Ham musim 2009/2009 dan akhir karirnya bermain untuk St.Mirren di Liga Premier Skotlandia pada musim 2019/2022 sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada tahun yang sama. (AFP/Ian Kington)
Paul Pogba (kanan) dikenal sebagai gelandang sukses yang bermain bagi Manchester United, namun dua kakak kembarnya, Mathias Pogba (kiri) saat ini bermain untuk ASM Belfort, dan Florentin Pogba bermain di klub Liga 2 Prancis, Sochaux. (AFP/Guillaume Souvant)
Foto kombo Hamit Altintop (kiri) dan Halil Altintop (kanan) yang merupakan kakak beradik asal Turki. Karir Hamit lebih cemerlang dibanding Halil. Hamit pernah memperkuat klub besar seperti Real Madrid dan juga Bayern Munchen sedangkan Halil lebih banyak berkutat di Bundesliga. Namun keduanya mempunyai persamaan yaitu sama-sama lulusan Schalke 04. (AFP/Jorge Guerrero/Christof Stache)
Foto Kombo Fabio Cannavaro (kiri) dan Paolo Cannavaro (kanan). Fabio Cannavaro pensiun meninggalkan banyak prestasi, sedikit diantaranya pemain terbaik dunia dan gelar Piala Dunia 2006 untuk Italia yang hampir mustahil diikuti oleh sang adik Paolo Cannavaro yang terakhir karirnya bermain untuk Sassuolo di Liga Italia. (AFP/Bru Garcia/Fabio Muzzi)
Foto kombo Toni Kroos (kiri) dan Felix Kroos yang merupakan kakak beradik asal Jerman. Felix saat ini bermain untuk FSV Fortuna Pankow 46 akan sulit menyamai torehan prestasi sang kakak Toni Kross yang sudah mengoleksi banyak tropi bersama Bayern Munchen dan Real Madrid. (AFP/Franck fife/Joerg Sarbach)
Rafael dan Fabio Da Silva sama-sama besar di Manchester United. Digadang-gadang sebagai penerus Neville bersaudara namun keberadaan mereka di Old Trafford tidak berlangsung lama. Sang kakak Rafael sempat lima musim bersama Lyon dan akhirnya sekarang bergabung bersama klub Brasil, Botafogo. Sedangkan Fabio masih berjuang bersama Nantes. (AFP/Paul Ellis)
Foto kombo Filippo Inzaghi (kiri) dan Simone Inzaghi yang merupakan legenda klub Liga Italia AC Milan dan Lazio. Pada saat mereka masih bermain untuk klub, karir Filippo lebih mentereng dibandingkan Simone. Namun sekarang justru kebalikannya, sang adik saat ini menjadi pelatih Inter Milan yang sedang berjuang meraih Scudetto. Sedangkan nahas bagi Filippo yang baru saja dipecat dari klub Serie B, Brescia. (AFP/Vicenzo Pinto/Miguel Medina)
Foto kombo Wayne Rooney (kanan) dan John Rooney yang merupakan kakak adik asal Inggris. Wayne Rooney dikenal sebagai legenda dan pencetak gol terbanyak Manchester United serta meraih banyak gelar. Namun sang adik, John Rooney, sempat berlaga di klub MLS dan saat ini bermain untuk klub Inggris Barrow AFC. (AFP/Mike Stobe/Oli Scarff)
Foto kombo Granit Xhaka (kiri) dan Taulant Xhaka. Granit Xhaka memiliki karir lebih cemerlang dari sang kakak Taulant Xhaka. Sang adik kini menjadi jendral lapangan bagi Arsenal sedangkan Taulant justru masih berkutat di liga lokal memperkuat Basel FC. (AFP/Glyn Kirk/Franck Fife)

Berita Terkait