Piala Thomas 2018: Kevin / Marcus Tumbang, Indonesia-Thailand 1-1

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 22 Mei 2018, 20:52 WIB
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon takluk dari pasangan Thailand, Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet, pada laga Grup B Piala Thomas 2018, Selasa (22/5/2018). (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Bangkok - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, gagal menyumbang poin pada laga Grup B Piala Thomas 2018 melawan Thailand, di Bangkok, Selasa (22/5/2018). Di luar dugaan, ganda nomor satu dunia tersebut takluk dari pasangan Thailand, Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet, 14-21, 21-13, 12-21.  

Kekalahan ini mengejutkan bagi Indonesia yang sangat berharap memperoleh poin dari ganda terkuat tersebut. Hasil tersebut menyudahi rekor Kevin/Marcus yang tak terkalahkan dalam 19 pertandingan beruntun. Bagi mereka, ini merupakan kekalahan pertama pada 2018. 

Thailand untuk sementara menyamakan skor menjadi 1-1. Sebelumnya, Indonesia unggul 1-0 melalui Anthony Sinisuka Ginting. 

Advertisement

Gim pertama berjalan di luar dugaan. Setelah saling meraba kekuatan pada awal gim pertama, pasangan Thailand mampu memegang kendali pertandingan. Kittisak/Nipitphon dengan mudah meraih poin demi poin memanfaatkan permainan Kevin/Marcus yang masih ragu-ragu.

Ganda Thailand tersebut bahkan sempat unggul 10-4. Kevin/Marcus mencoba bangkit, namun Kittisak/Nipitphon masih unggul 11-6 saat interval.

Setelah interval, Kevin/Marcus mampu menambah satu poin. Namun, berikutnya servis Marcus dinggap salah oleh wasit. Pasangan Thailand mampu meraih tiga poin beruntun hingga skor menjadi 14-9.

Kevin/Marcus perlahan mengejar, dengan meningkatkan tempo serangan, margin mengecil jadi 12-15. Namun, lagi-lagi servis Marcus dianggap salah. Pertandingan masih berjalan ketat. Gim ini akhirnya dimenangi ganda Thailand dengan skor 21-14.

Gim kedua berjalan ketat sejak awal. Kevin/Marcus tak mau terlambat panas lagi, hingga unggul 8-4.

Kevin/Marcus tampil lebih padu, tapi masih beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Saat interval, pasangan berjuluk The Minions tersebut unggul 11-8. Dominasi Kevin/Marcus berlanjut setelah interval, hingga memenangi gim kedua dengan skor 21-13. 

Pada gim penentuan, Kevin/Marcus malah tertekan dan langsung tertinggal 0-4. Saat interval, mereka juga masih ketinggalan 6-11. 

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon benar-benar tak bisa keluar dari tekanan dan akhirnya menyerah dengan skor 12-21.

Dengan kekalahan ini, Indonesia menghadapi misi berat. Pada laga berikutnya di lanjutan Grup B Piala Thomas 2018, Indonesia menurunkan Ihsan Maulana Mustofa yang menghadapi Kantaphon Wangcharoen.