Pemilik Nomor Punggung 10 pada Piala Dunia 2018

oleh Tyo Harsono diperbarui 07 Jun 2018, 11:09 WIB
Logo Piala Dunia 2018 di Rusia

Bola.com - Pagelaran Piala Dunia 2018 tinggal menunggu hitungan hari. Ke-32 negara peserta telah mengumumkan daftar skuat final beserta nomor punggungnya masing-masing.

Advertisement

FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia 2018 memang memberikan batas akhir setiap negara untuk mendaftarkan skuat pada Senin (4/6/2018). Hari itu juga sekaligus batas akhir merilis nomor punggung.

Selama Piala Dunia, FIFA memberlakukan aturan setiap negara harus menetapkan nomor punggung dari 1 hingga 23. Aturan tersebut membuat tidak ada pemain yang mengenakan nomor punggung di atas 23.

Hasilnya, terdapat 32 pemain yang akan mengenakan nomor punggung 10 pada Piala Dunia 2018. Dalam sepak bola, nomor punggung 10 identik dengan pemain andalan di dalam timnya.

Beberapa nama yang mengenakan nomor punggung 10 memang andalan di negaranya masing-masing seperti Lionel Messi, Neymar, dan Mesut Ozil. Namun, ada juga nama kejutan seperti Giorgian De Arrascaeta yang mengenakan nomor punggung 10 timnas Uruguay.

Berikut ini adalah daftar pemilik nomor punggung 10 yang akan berlaga pada Piala Dunia 2018:

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

 

2 dari 9 halaman

Grup A

Mohamed Salah (Mesir)

Pemain Mesir, Mohamed Salah memimpin klasemen top scorer zona CAF atau Afrika pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Salah menguasai puncak top scorer dengan torehan lima gol. (AP/Nariman El-Mofty)

Fyodor Smolov (Rusia)

Gelandang timnas Prancis, Paul Pogba, berduel dengan pemain timnas Rusia, Fyodor Smolov pada laga uji coba di Stadion Saint-Petersburg, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. (AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Mohammad Al-Sahlawi (Arab Saudi)

Mohammad Al-Sahlawi (AFP)

Giorgian De Arrascaeta (Uruguay)

Gelandang timnas Uruguay, Giorgian De Arrascaeta. (doc Twitter)
3 dari 9 halaman

Grup B

Karim Ansarifard (Iran)

Penyerang timnas Iran,Karim Ansarifard. (Twitter)

Younes Belhanda (Maroko)

Younes Belhanda

Joao Mario (Portugal)

Pemain timnas Portugal, Joao Mario berebut bola dengan pemain Swiss, Johan Djourou pada laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Stadion da Luz, Selasa (10/10). Portugal lolos ke Piala Dunia 2018 usai menang 2-0. (AP/Armando Franca)

Thiago Alcantara (Spanyol)

9. Thiago Alcantara - Di level Internasional, Thiago tampaknya masih belum bisa mengimbangi sang ayah yang merupakan legenda Brazil, Mazinho. Namun masih banyak waktu bagi pemain Bayern Munchen tersebut untuk melampauinya. (AFP/Gabriel Bouys)
4 dari 9 halaman

Grup C

Robbie Kruse (Australia)

Para pemain Australia merayakan gol yang dicetak oleh Robbie Kruse ke gawang Suriah pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Hang Jebat, Kamis (5/10/2017). Suriah bermain imbang 1-1 dengan Australia. (AP/Vincent Thian)

Christian Eriksen (Denmark)

Pemain Denmark, Christian Eriksen (kiri) menjadi top scorer di negaranya, Eriksen telah mencetak delapan gol selama kualifikasi Piala Dunia 2018. (AFP/Scanpix Denmark / Liselotte Sabroe / Denmark OUT)

Kylian Mbappe (Prancis)

Kiper Irlandia, Colin Doyle, berusaha menghalau tendangan striker Prancis, Kylian Mbappe, pada laga persahabatan di Stadion Stade de France, Senin (28/5/2018). Prancis menang 2-1 atas Irlandia. (AP/Thibault Camus)

Jefferson Farfan (Peru)

Penyerang Peru, Jefferson Farfan, rayakan gol ke gawang Selandia Baru pada leg kedua play-off interkontinental Piala Dunia 2018 di Estadio Nacional, Lima, Rabu (15/11/2017) atau Kamis (16/11/2017) WIB. (AP Photo/Rodrigo Abd)
5 dari 9 halaman

Grup D

Lionel Messi (Argentina)

Penyerang Argentina Lionel Messi membawa bola saat melawan Haiti pertandingan persahabatan di stadion Bombonera di Buenos (29/5). (AP / Natacha Pisarenko)

Luka Modric (Kroasia)

Pemain Kroasia, Luka Modric merebut bola dari pemain Yunani, Alexandros Tziolis pada leg pertama playoff Piala Dunia 2018 di Stadion Maksimir, Zagreb, Jumat (10/11). Kroasia memperbesar peluangnya lolos ke putaran final usai menang 4-1. (AP/Darko Bandic)

Gylfi Sigurdsson (Islandia)

Pemain timnas Islandia, Gylfi Sigurdsson merayakan gol ke gawang Kosovo pada laga Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Laugardalsvollur, Senin (9/10). Islandia untuk pertama kalinya lolos ke Piala Dunia setelah menang 2-0. (AP/Brynjar Gunnarsson)

John Obi Mikel (Nigeria)

Pemain Nigeria John Obi Mikel (kiri) berduel dengan Eric Dier dalam laga uji coba Piala Dunia 2018 melawan Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (2/6). Inggris berhasil menekuk Nigeria dengan skor 2-1. (AP Photo/Matt Dunham)
6 dari 9 halaman

Grup E

Neymar (Brasil)

Striker Brasil, Neymar, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Kroasia pada laga persahabatan di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (3/6/2018). Brasil menang 2-0 atas Kroasia. (AFP/Oli Scarff)

Bryan Ruiz (Kosta Rika)

Penyerang Kosta Rika, Bryan Ruiz sedang berlatih jelang partai kualifikasi PD 2010 kontra El Salvador pada 8 September 2009. AFP PHOTO/Yuri CORTEZ

Dusan Tadic (Serbia)

Pemain Southampton, Dusan Tadic membuka keunggulan timnya lewat satu gol ke gawang Everton pada lanjutan Premier League di St Mary's Stadium, Southampton, (26/11/2017). (AFP/Glyn Kirk)

Granit Xhaka (Swiss)

Taulant Xhaka (kiri) adalah yang tertua dari Xhaka bersaudara. Taulant belum lahir ketika keluarganya pindah dari Kosovo ke Swiss. Namun, Taulant memilih bermain untuk Albania dibanding adiknya, Granit Xhaka, yang memilih Swiss. (AFP/Francois Lo Presti)
7 dari 9 halaman

Grup F

Mesut Ozil (Jerman)

Pemain Jerman, Mesut Ozil Jerman (kiri) berebut bola dengan David Alaba dalam laga persahabatan melawan Austria di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Giovani dos Santos (Meksiko)

Pemain Meksiko, Giovani dos Santos merayakan golnya ke gawang Skotlandia pada laga uji coba di Azteca Stadium, Meksiko City, (2/6/2018). Meksiko menang 1-0. (AP/Rebecca Blackwell)

Lee Seung-woo (Korea Selatan)

Lee Seung-woo (tengah) saat membela timnas Korea Selatan pada ajang Piala Dunia U-17 tahun 2015, di La Serena, Chile (20/10/2015). Lee Seung-woo bertekad menembus tim utama Barcelona. (EPA/Mario Ruiz).

Emil Forsberg (Swedia)

Pemain Italia Antonio Candreva berebut bola dengan pemain Swedia, Emil Forsberg pada laga leg kedua playoff Piala Dunia 2018 melawan Italia, di Stadion San Siro, Selasa (14/11). Swedia lolos ke Rusia 2018 berkat keunggulan agregat 1-0 (AP/Antonio Calanni)
8 dari 9 halaman

Grup G

Eden Hazard (Belgia)

Pemain Belgium, Eden Hazard (kanan) mencoba melewati adangan pemain Bosnia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 grup H di Grbavica stadium, Sarajevo, Bosnia, (7/10/2017). Belgia menang 4-3. (AFP/Elvis Barukcic)

Raheem Sterling (Inggris)

Raheem Sterling (kanan) ketika tengah berduel dengan pemain Nigeria pada laga uji coba, di Stadion Wembley, Sabtu (2/6/2018). (AP/Matt Dunham)

Ismael Diaz (Panama)

Penyerang timnas Panama, Ismael Diaz. Twitter)

Wahbi Khazri (Tunisia)

Ekspresi pemain Sunderland, Wahbi Khazri, setelah mencetak gol ke gawang Manchester United dalam laga Liga Inggris di Stadium of Lights, Sunderland, Sabtu (13/2/2016) malam WIB. (AFP/Oli Scarff)
9 dari 9 halaman

Grup H

James Rodriguez (Kolombia)

Pemain Kolombia, James Rodriguez (tengah) melewati N'Golo Kante (kiri) dan Thomas Lemar (kanan) dalam pertandingan persahabatan antara Prancis dan Kolombia di Saint-Denis, luar Paris, Prancis, Jumat (23/3). Kolombia menang 2-3. (AP Photo/Michel Euler)

Shinji Kagawa (Jepang)

Gelandang Timnas Jepang Shinji Kagawa melepas tembakan untuk merobek gawang Thailand pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Jepang menang 4-0 di Saitama Stadium, Selasa (28/3/2017). (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

Grzegorz Krychowiak (Polandia)

Grzegorz Krychowiak memenangi 100% duel udara dan melepaskan 91% umpan akurat saat Polandia mengalahkan Irlandia Utara 1-0, (12/6/2016). (AFP/Tobias Schwarz)

Sadio Mane (Senegal)

7. Sadio Mane - Satu dari anggota trio andalan Liverpool musim ini. Didatangkan dari Southampton, Mane tampil impresif sejak awal kedatangannya. (AFP/Charly Triballeau)

Berita Terkait