Duel Antarlini Persebaya Vs Persipura: Adu Kecepatan Sayap

oleh Aditya Wany diperbarui 02 Agu 2019, 08:30 WIB
Liga 1 2019: Persebaya Surabaya vs Persipura Jayapura. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Surabaya - Persebaya menjamu Persipura Jayapura pada laga pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019. Laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (2/8/2019), ini menjadi panggung untuk beradu kecepatan pemain sayap.

Persebaya dan Persipura bukanlah klub yang sedang bertengger di papan atas dan produktif dalam urusan gol. Namun, dalam sejarahnya kedua tim eks Perserikatan itu mengandalkan pemain sayap dalam melakukan serangan.

Advertisement

Berdasar posisi klasemen sementara, Persebaya berada di posisi kesembilan dengan 14 poin dari 11 laga yang telah dimainkan. Tim Bajul Ijo masih tidak konsisten dengan mengoleksi tiga kemenangan, lima kali bermain imbang, dan tiga kali kalah. Total, 17 gol telah mereka ciptakan.

Persipura juga menghuni papan tengah dengan berada di peringkat ke-12 mengemas 10 poin dari sembilan laga. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu mengumpulkan dua kali kemenangan, empat kali bermain imbang, dan tiga kali kalah. Mereka baru membukukan sembilan gol.

Bermain di kandang sendiri, Persebaya punya rekor apik dengan catatan tak terkalahkan dalam enam laga. Tapi, hanya dua di antaranya yang berhasil dimenangkan, masing-masing 3-2 atas Persela Lamongan pada 1 Juli dan 4-0 atas Persib Bandung pada 5 Juli. Empat sisanya berakhir imbang.

Persipura sedang dalam jalur kemenangan setelah kehadiran Jacksen Tiago sebagai pelatih kepala dalam dua laga terakhir. Mereka mampu memenangi dua pertandingan itu dengan skor tipis 1-0 masing-masing atas Madura United dan Bhayangkara FC.

Dua tim ini bakal bertemu untuk meraih kemenangan dengan motivasi yang berbeda. Persebaya ingin segera bangkit dari hasil kurang memuaskan, sedangkan Persipura berusaha meneruskan catatan kemenangan.

Jadi, bisa dipastikan kedua tim akan tampil ngotot demi meraih kemenangan. Lantas, siapa saja pemain yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga Persebaya melawan Persipura versi Bola.com:

 

2 dari 4 halaman

Lini Pertahanan

Bek baru Persebaya, Hansamu Yama, menjalani latihan di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Jumat (18/1/2019). (Bola.com/Dok. Persebaya)

Lini belakang Persebaya bakal berisikan pemain tangguh di laga ini. Kembalinya Hansamu Yama dari cedera akan semakin melengkap back four andalan Persebaya. Dia bakal kembali tampil bersama Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi.

Kolaborasi empat pemain itu terbukti ampuh sejak pramusim. Meski, tak ada jaminan bakal membuat Bajul Ijo mencatatkan cleansheet. Yang jelas, lima pertandingan terakhir tanpa kemenangan milik Persebaya terjadi saat Hansamu absen.

Persipura memiliki para pemain belakang yang tak kalah berpengalaman. Tiga pemain lokal yang selama beberapa tahun terakhir telah diandalkan bakal menjadi benteng tangguh. Mereka adalah Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, dan Yohanis Tjoe.

Jangan lupakan juga kehadiran stoper asal Brasil, Andre Ribeiro, yang juga menjadi benteng tangguh timnya. Empat pemain itu merupakan deretan pemain yang membuat Persipura tidak kebobolan saat bertandang ke markas Persebaya.

 

3 dari 4 halaman

Lini Tengah

Gelandang baru Persipura Jayapura asal Sierra Leone, Ibrahim Conteh. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

 

Komposisi lini tengah Persebaya dan Persipura hampir memiliki kemiripan. Terdapat pemain muda dan asing yang menjadi tumpuan memenangkan bola. Persebaya memiliki Hidayat dan Damian Lizio. Satu gelandang lagi bisa diisi oleh Fandi Eko Utomo, Misbakus Solikin, atau Rachmat Irianto.

Persipura memiliki dua pemain asing yang berposisi sebagai gelandang. Mereka adalah Ibrahim Conteh dan Oh In-kyun. Trio lini tengah ini semakin lengkap dengan kehadiran Muhammad Tahir yang merupakan pemain didikan Persipura sendiri.

Performa para gelandang Persebaya dan Persipura terkesan angin-anginan dalam beberapa laga terakhir. Tapi, mereka memiliki potensi besar dalam perebutan bola di lini tengah untuk saling mendominasi permainan.

 

4 dari 4 halaman

Lini Serang

Striker Persipura Jayapura, Boaz Solossa, menghindari penjagaan gelandang Bhayangkara FC, Wahyu Subo Seto, pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (18/11). Bhayangkara menang 2-0 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Seperti sudah disebutkan, Persebaya merupakan tim yang sejak lama dikenal mengandalkan kecepatan pemain sayap. Empat pemain sayap sekaligus memiliki kualitas yang merata, yaitu Osvaldo Haay, Okfafianus Fernando, Manuchehr Jalilov, dan Irfan Jaya.

Keempatnya saling mengisi jika harus ada yang absen akibat cedera atau larangan bertanding. Khusus Osvaldo dan Jalilov bahkan bisa diturunkan sebagai striker. Belum lagi masih ada Amido Balde yang menjadi top scorer sementara tim. Lima nama itu tercatat sudah menyumbang gol untuk Persebaya.

Persipura pun juga memiliki pemain sayap dengan kecepatan dan kelincahannya. Terdapat dua pemain berbeda generasi yang sudah menjadi andalan dalam beberapa laga, yaitu Boaz Solossa dan Todd Rivaldo Ferre.

Ujung tombak Persipura terdapat Titus Bonai yang sudah menyumbang tiga gol. Sebenarnya masih ada Marinus Wanewar di lini depan tim ini, tapi dia harus absen. Persipura memiliki striker asing Mamadou Samassa untuk menambah daya gedor.

Berita Terkait