Bintang Laga PSM Vs PSS: Permainan Efektif Ferdinand Sinaga Jadi Pembeda

oleh Abdi Satria diperbarui 02 Mar 2020, 05:00 WIB
Penyerang PSM, Ferdinand Sinaga, saat menghadapi PSS di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar (1/3/2020). (Bola.com/Abdi Satria)

Bola.com, Makassar - Striker PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, membuktikan kapasitasnya sebagai pemain penting di tim Juku Eja. Pada laga pekan pertama Shopee Liga 1 2020, Minggu (1/3/2020), Ferdinand mencetak masing-masing satu gol dan assist untuk membawa Juku Eja mengalahkan PSS Sleman dengan skor 2-1.

Bagi Ferdinand, aksinya itu merupakan pembuktian pernyataannya pada jumpa media satu hari sebelum pertandingan. Ia menjanjikan kemenangan agar suporter PSM bahagia.

Advertisement

"Bagi saya tidak penting menjadi starter atau main penuh. Yang utama adalah berguna buat tim," ujar Ferdinand.

Sejak dua musim lalu, Ferdinand memang jarang tampil penuh buat PSM. Tetapi, setiap musim, ia selalu menjadi top scorer di PSM. Pada musim lalu, ia mengemas sembilan gol buat PSM di Shopee Liga 1 2019.

Musim ini, Ferdinand mengawali kiprahnya dengan baik. Di Piala AFC 2020, ia sudah mencetak enam gol pada empat partai bersama PSM Makassar terhitung sejak babak play-off.

Satu gol pada laga perdana di Liga 1 2020 yang dimainkan di di Stadion Mattalatta Mattoangin, Makassar, sekaligus membuka peluang buat dirinya kembali menjadi top scorer klub, meski PSM Makassar merekrut dua striker baru, Giancarlo Rordriuez dan Osas Saha.

2 dari 2 halaman

Peran Penting

Penyerang PSM, Ferdinand Sinaga, saat menghadapi PSS di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar (1/3/2020). (Bola.com/Abdi Satria)

Satu golnya ke gawang PSS yang dikawal Ega Rizky Pramana, tercipta lewat tendangan bola mati yang terukur. Lewat set piece pula, Ferdinand membantu Hussein El Dor mencetak gol pertamanya di pentas Liga 1.

Lewat aksinya itu, Ferdinand pantas disebut pemain pembeda pada laga ini.

Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, tanpa sungkan memuji mantan pemain Persib Bandung dan Kelantan FA itu.

"Ferdinand menunjukkan peran pentingnya buat PSM," kata Bojan pada sesi jumpa media sesudah pertandingan.

Menurut Bojan, pemain seperti Ferdinand sangat dibutuhkan oleh pelatih, termasuk dirinya. "Ferdinand tipe striker efektif yang jeli melihat peluang. Ia pemain yang berguna buat tim," tegas Bojan.

Berita Terkait