Tak Ingin Buru-buru ke Eropa, Asnawi Mangkualam Punya Keinginan Berkarier di Asia

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 18 Mei 2020, 22:30 WIB
Pemain PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, saat sesi latihan jelang laga Shopee Liga 1 di Stadion Sport Center Tangerang, Kamis, (5/3/2020). PSM Makassar akan berhadapan dengan Persita Tangerang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Menjalani karier di Eropa merupakan impian mayoritas pemain muda. Namun, bek PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar, mengaku tak ingin melakukan gebrakan besar dan memilih untuk mencicipi sepak bola Asia.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pemain muda Indonesia mendapat kesempatan bermain di Eropa. Sebut saja Egy Maulana Vikri yang bergabung dengan klub Polandia, Lechia Gdansk, dan Witan Sulaeman yang direkrut klub Serbia, FK Radnik Surdulica.

Advertisement

Bukan hanya karena faktor kualitas, kuat dugaan ada alasan marketing di balik perekrutan kedua pemain tersebut. Apalagi, masyakrat Indonesia selalu memiliki ekpektasi berlebih ketika ada pemain yang mampu menembus kompetisi Eropa.

Sadar kemampuan, Asnawi Bahar berkeinginan untuk mencicipi sepak bola Asia terlebih dulu ketimbang Eropa. Meski demikian, Asnawi tak menutup peluang untuk langsung menjajal sepak bola Eropa jika ada kesempatan.

"Kalau ada kesempatan bermain di luar negeri, saya mau berlaga di Thailand, Jepang, atau Korea Selatan. Saya ingin mengawali dari Asia dahulu, tidak langsung ke Eropa," kata Asnawi di akun Instagram PSSI.

"Namun, saya tidak menutup kemungkinan. Kalau ada rezeki mungkin saja langsung ke Eropa. Akan tetapi untuk sekarang saya mau di Asia dahulu," tegas Asnawi.

Saat ini, Asnawi Mangkualam Bahar menjadi pemain muda yang mampu tampil konsisten di lini pertahanan PSM Makassar. Pemain Timnas Indonesia U-22 itu sudah tampil sebanyak 44 kali sejak 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Ganti Posisi

Bek kanan Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam Bahar, saat berduel dengan pemain Myanmar dalam laga semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12/2019). Timnas Indonesia U-22 menang 4-2 dalam laga ini. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Asnawi Mangkualam Bahar sejatinya mengawali karier sebagai gelandang. Namun, ketika mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19 pada 2016, dirinya dipindah ke posisi bek kanan oleh pelatih Indra Sjafri.

"Coach Indra kemudian datang dan bertanya 'bagaimana, bisa bermain di posisi bek kanan, tidak?' Soalnya di tim tidak ada bek kanan dan turnamen akan digelar dalam dua bulan lagi. Saya bilang tidak bisa dan ingin bermain di posisi gelandang saja," ucap Asnawi Bahar.

Meskipun menolak, pada prakteknya Asnawi kerap dipasang di posisi bek kanan. Baik itu dalam sesi latihan hingga uji coba.

"Akan tetapi, latihan berikutnya dan bertanding di pasang di posisi bek kanan. Uji coba biarpun bermain jelek tetap dicoba bermain 90 menit di posisi bek kanan, sampai turnamen akhirnya dipasang di bek kanan," ujar pemain berusia 20 tahun tersebut.

Sampai saat ini, Asnawi Bahar menghuni posisi bek kanan. Meskipun sesekali naluri gelandang yang dimilikinya masih terlihat dengan kerap membantu serangan di sektor sayap.

Sumber: Instagram PSSI

Berita Terkait