6 Pemain Pinjaman yang Bersinar Musim Ini, Kiper Fulham yang Dipinjamkan dari PSG

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 10 Mar 2021, 12:15 WIB
Ilustrasi - Brahim Diaz, Alphonse Areola, Tiemoue Bakayoko, Moise Keane, Matteo Guendouzi, Ryan Sessegnon (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain pinjaman mampu tampil gemilang pada musim ini. Para pemain sepak bola itu bak menemukan pelabuhan yang tepat setelah tak mendapatkan tempat di tim aslinya.

Jesse Lingard misalnya, berhasil menunjukkan performa impresif bersama West Ham United. Dari enam pertandingan yang telah dilakoninya, gelandang Manchester United itu mampu mengemas empat gol.

Advertisement

Alasan sebuah klub meminjamkan pemainnya beragam. Ada yang memang tak mendapatkan tempat, atau karena masih muda.

Romelu Lukaku misalnya, pernah dipinjamkan ke West Bromwich Albion. Kiper Thibaut Courtois juga sempat 'menimba ilmu' di Atletico Madrid karena Chelsea kala itu masih memiliki Petr Cech.

Artinya, dipinjamkan ke klub lain tak melulu karena dirinya tak terpakai di klub aslinya. Justru selama masa peminjaman ini, pemain harus bisa membuktikan bahwa dirinya layak bermain di skuad utama.

Seperti enam pemain sepak bola yang telah dirangkum Bola.com berikut ini, mereka berhasil bersinar selama masa peminjaman.

Video

2 dari 7 halaman

Brahim Diaz

Brahim Diaz (AC Milan) - Wonderkid yang dibeli Real Madrid dari Manchester City ini justru melempem saat berada Santiago Bernabeu. Kini pemain 21 tahun itu telah menemukan performa terbaiknya bersama AC Milan dan sukses membawa Rossoneri berada di papan atas klasemen Serie A. (Vincenzo Pinto/AFP)

Pemain berusia 21 tahun itu telah tampil 28 kali untuk AC Milan di semua kompetisi sejak bergabung dengan status pinjaman pada September 2020.

Diaz tampil mengesankan dengan mencetak lima gol dan dua assist. Dengan performa itu, muncul spekulasi AC Milan berusaha mengontraknya secara permanen bulan ini atau pada musim panas nanti.

3 dari 7 halaman

Alphonse Areola

3. Alphonse Areola (Fulham). Kiper asal Prancis ini didatangkan Fulham dengan status pinjaman pada awal musim 2020/2021 dari PSG yang sebelumnya juga dipinjamkan ke Real Madrid. Menjadi pilihan utama untuk mengawal gawang Fulham. ((AFP/Adrian Dennis/Pool)

Jika bukan karena Alphonse Areola di bawah mistar gawang, mungkin Fulham akan lebih terpuruk musim ini di Liga Inggris.

Fulham merupakan klub kelima Alphonse Areola dengan status pinjaman dari PSG. Ia sebelumnya bermain untuk Real Madrid, Villarreal, Bastia, dan Lens.

Dari lima pertandingan terakhir di Liga Inggris, Alphonse Areola sukses mencatatkan lima cleansheet, termasuk saat mengalahkan Liverpool dan Everton. Ia bahkan cuma kebobolan dua gol dari lima pertandingan tersebut.

4 dari 7 halaman

Tiemoue Bakayoko

Gelandang Napoli, Tiemoue Bakayoko (atas) berduel udara dengan gelandang Granada, Yangel Herrera dalam laga leg kedua babak 32 Besar Liga Europa 2020/21 di Diego Armando Maradona Stadium, Kamis (25/2/2021). Napoli menang 2-1 atas Granada. (LaPresse via AP/Alessandro Garofalo)

Keputusan Tiemoue Bakayoko meninggalkan Chelsea demi Napoli dengan status pinjaman sangatlah tepat. Kini ia menjadi pemain penting di lini pertahanan anak asuh Gennaro Gattuso tersebut.

Sebelum bermain di Napoli, ia telah lebih dulu berseragam AC Milan dan AS Monaco, juga sebagai pemain pinjaman. Namun di tim asal Naples ini, performanya terlihat betul.

Bakayoko telah bermain sebanyak 33 kali di semua kompetisi bersama Napoli. Ia mencatatkan satu gol dan dua assist, lumayan buat seorang gelandang bertahan yang bisa berperan sebagai bek tengah.

5 dari 7 halaman

Moise Keane

Striker Paris Saint-Germain, Moise Kean (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang OGC Nice dalam laga lanjutan Liga Prancis 2020/21 pekan ke-25 di Parc des Princes Stadium, Paris, Sabtu (13/2/2021). Paris Saint-Germain menang 2-1 atas Nice. (AFP/Franck Fife)

Sejak bergabung ke Paris Saint-Germain pada bursa transfer musim panas tahun ini, karier Moise Kean semakin bersinar. Striker asal Italia itu menjadi sosok penting di lini serang, dan kerap membantu PSG meraih kemenangan.

Berstatus sebagai pemain pinjaman dari Everton, Kean menjadi pemain termuda Italia yang mencetak gol ketika tampil sejak menit awal pada ajang Liga Champions.

Pemain bernomor punggung 18 itu berhasil mendulang gol sebagai starter di Liga Champions pada usia 20 tahun dan 243 hari. Adapun Del Piero ketika berumur 20 tahun 308 hari saat masih berseragam Juventus.

6 dari 7 halaman

Matteo Guendouzi

Gelandang Arsenal, Matteo Guendouzi berebut bola dengan striker Brighton & Hove Albion, Neal Maupay pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di The American Express Community Stadium, Sabtu (20/6/2020). Sempat unggul, Arsenal tumbang 1-2 di tangan Brighton. (Gareth Fuller/ POOL / AFP)

Matteo Guendouzi terlibat konflik jelang akhir musim 2019/2020 dengan kiper Arsenal, Bernd Leno. Ia diasingkan dan Arteta memutuskan untuk meminjamkannya ke Hertha Berlin.

Selama di Hertha Berlin, Matteo Guendouzi hanya bermain sembilan kali. Namun pada kesempatan keduanya bersama Hertha, juga sebagai pemain pinjaman, gelandang yang pernah disindir oleh bintang film dewasa, Mia Khalifa ini tak menyia-nyiakannya.

Direktur olahraga Hertha Berlin Michael Preetz tidak menutup kemungkinan merekrut bintang pinjaman Arsenal Matteo Guendouzi secara permanen musim panas mendatang.

“Kami senang dia ada di sini dan dia telah memperkaya permainan kami sejak awal. Kita akan melihat yang lainnya musim panas mendatang.

"Bagaimana harga akan berkembang saat itu dan apa yang direncanakan Arsenal saat itu, tidak ada yang bisa mengatakannya hari ini."

7 dari 7 halaman

Ryan Sessegnon

Ryan Sessegnon merupakan bek sayap masa depan Inggris. Namanya sempat mencuat bersama Fulham, lalu meredup ketika diboyong ke Tottenham Hotspur.

Sadar akan potensi tersebut, Jose Mourinho lalu 'menyekolahkannya' ke klub asal Jerman yang dikenal andal dalam mematangkan bakat pemain muda, Hoffenheim.

Pada November 2020, ia terpilih sebagai pemain muda terbaik Hoffenheim. Ia telah mencetak dua gol dari 13 penampilan di Bundesliga.

Sumber: Berbagai sumber

Berita Terkait