Kisah 3 Pesepak Bola asal Asia yang Mentas di Manchester United

oleh Ario Yosia diperbarui 30 Mar 2021, 09:10 WIB
Manchester United - Shinji Kagawa, Dong Fangzhuo, Park Ji-Sung (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Sebagai klub terbesar di Inggris dan tersohor di seantero dunia, Manchester United jadi rumah idaman bagi pemain asing. Kehadiran legiun impor bisa menambah kualitas klub berjuluk Setan Merah itu.

Manchester United tercatat pernah mendatangkan pemain asing yang berasal dari Asia. Sejauh ini ada tiga pemain Asia yang pernah singgah di Old Trafford.

Advertisement

Kiprah pemain Asia di Manchester United beragam. Ada yang bersinar, tapi ada juga yang sekadar numpang lewat dan kemudian dilupakan.

Siapa saja pemain Asia yang pernah memperkuat Manchester United? Berikut ini daftarnya.

Video

2 dari 4 halaman

Dong Fangzhuo

Mantan penyerang Manchester United, Dong Fangzhuo berbicara dengan anak-anak saat melatih di Xiamen di provinsi Fujian, China (10/12/2019). Dong Fangzhuo yang kini berusia 34 tahun melatih anak-anak di China, beberapa di antaranya berkebutuhan khusus. (AFP/Hector Retamal)

Dong Fangzhuo merupakan pemain Asia pertama yang bergabung Manchester United. Fangzhuo didatangkan dari klub Liga China Dalian Shide pada 2004.

Namun, Fangzhuo tak mendapat tempat di tim utama United. Ia hanya tiga kali bermain bersama tim utama dan gagal memenangkan gelar.

Sempat dipinjamkan ke klub Belgia Royal Antwerp FC, Fangzhuo akhirnya meninggalkan Manchester United pada tahun 2008. Ia kembali ke China dengan memperkuat mantan klubnya Dalian Shide.

3 dari 4 halaman

Park Ji-sung

Park Ji-sung (AFP Photo/Andrew Yates).

Park Ji-sung tampil gemilang selama dua tahun di PSV Eindhoven. Hal inilah yang membuat Manchester United merekrutnya pada musim 2005/2006.

Setelah datang ke Old Trafford, pemain asal Korea Selatan ini berhasil meraih berbagai macam gelar. Itu termasuk empat trofi Premier League dan satu Liga Champions.

Park Ji-Sung menghabiskan tujuh musim bersama Manchester United. Ia membuat 204 penampilan bersama Setan Merah sebelum melanjutkan kariernya di QPR.

4 dari 4 halaman

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa menggiring bola pada pertandingan sepak bola Liga Champions Grup A antara Manchester United melawan Real Sociedad di stadion Old Trafford , Manchester. Pada Rabu (23/10/13) waktu setempat. (AFP/Andrew Yates)

Shinji Kagawa direkrut Manchester United pada musim panas 2012. Ia didatangkan dari Borussia Dortmund dengan harga 16 juta euro.

Kagawa membela The Red Devils selama dua musim. Ia berhasil mencetak enam gol dan 10 assist dalam 57 penampilan di Old Trafford.

Pemain asal Jepang itu juga berkontribusi membantu Manchester United meraih satu gelar Premier League dan satu Community Shield. Kagawa hengkang dari United pada 2014 dengan kembali ke Dortmund.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 29/3/2021)

Berita Terkait