FOTO: Kisah Ritual Unik Laurent Blanc Kecup Kepala Fabian Barthez Berlanjut, Prancis Juara di Piala Eropa 2000

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 04 Jun 2021, 14:07 WIB
Ritual Laurent Blanc mencium kepala Fabian barthez yang menjadi ikonik di Piala Dunia 1998 terus berlanjut di Piala Eropa 2000. Kecupan yang dipercaya membawa keberuntungan tersebut terbukti dengan dua gelar bergengsi yang diraih Les Bleus kala itu.
Ada ritual unik kala Timnas Prancis berlaga di Piala Eropa 2000. Ya, momen itu adalah kecupan bek prancis, Laurent Blanc kepada sang kiper, Fabian Barthez, sebelum pertandingan dimulai. (AFP/Patrick Hertzog)
Sebenarnya kecupan Laurent Blanc ke kepala plontos Fabian Barthez sudah dilakukan sejak gelaran Piala Dunia 1998 di Prancis. (AFP/Patrick Hertzog)
Kecupan ke kepala itu seakan menjadi simbol tim Prancis selama turnamen. Tim Ayam Jantan pun menganggap apa yang dilakukan pemainnya itu membawa keberuntungan. (AFP/Patrick Hertzog)
Terbukti tradisi laurent blanc mencium kepala fabian barthes terus berlanjut Dan membawa keberuntungan bagi Prancis di Piala Eropa 2000. (AFP/Olivier Morin)
Mereka sukses keluar sebagai jawara Piala Eropa 2000 berkat gol emas David Trezeguet saat mengalahkan Italia 2-1 pada partai final. (AFP/Philippe Huguen)