Foto Piala Eropa: Lawan Rasisme Usai Inggris Kalah di Final Euro 2020, Black Lives Matter Menggema di Depan Mural Marcus Rashford

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 14 Jul 2021, 13:13 WIB
Ratusan orang berkumpul untuk menggelar aksi anti Rasisme di depan mural wajah pemain Timnas Inggris, Marcus Rashford di Withingston, Manchester. (Foto:AP/Jon Super)
Sejumlah orang tampak menempelkan pesan dukungan dan meletakkan karangan bunga hingga pernak-pernik timnas Inggris di depan mural tersebut. (Foto:AP/Jon Super)
Kegagalan Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka mengeksekusi penalti di laga final Piala Eropa 2020 sehingga Inggris kalah dari Italia merupakan pemicu terjadinya aksi rasis ini. (Foto:AP/Jon Super)
Seorang ibu mengajari anaknya untuk menempelkan pesan saat mengikuti aksi antirasisme di depan mural Marcus Rashford di Withingston, Manchester. (Foto:AP/Jon Super)
Mural menghormati bintang Inggris, Marcus Rashford, di Withingston, Manchester pun jadi sasaranya. Fans yang kecewa merusak mural dengan coretan bernada rasis. (Foto:AFP/Lindsey Parnaby)
Berselang beberapa waktu dari perilaku tercela itu, ratusan warga juga melakukan aksi tandingan dengan berkumpul di depan mural. Mereka melakukan aksi untuk menentang segala bentuk rasisme di Inggris sekaligus menggalang dukungan untuk Rashford dan kawan-kawan. (Foto:AP/Jon Super)