Duel Pelatih PSS Vs Persija di BRI Liga 1: Duel 2 Arsitek Eropa Beda Nasib

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 05 Sep 2021, 10:30 WIB
BRI Liga 1 - Duel Pelatih - PSS Sleman Vs Persija Jakarta (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bogor - Nuansa Eropa mewarnai partai PSS Sleman kontra Persija Jakarta. Pasalnya, pelatih kedua tim berasal dari Benua Biru. Arsitek PSS, Dejan Antonic, akan beradu strategi melawan nakhoda Persija Jakarta, Angelo Alessio pada pekan pertama BRI Liga 1.

Kedua tim bakal berhadapan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada Minggu (3/5/2021) malam WIB. Kelas Dejan tentunya masih berada di bawah Alessio. Nama juru taktik berpaspor Serbia itu hanya besar di Indonesia dan Hong Kong.

Advertisement

"Persija adalah tim yang punya tradisi besar, kualitas besar, suporter fanatik, dan kami menghormati mereka. Tapi, kami dan mereka sama-sama punya kualitas," ujar Dejan.

"Saya pikir kami akan menjalani satu laga yang akan menarik. Kami tahu materi pemain, berapa pemain bagus Persija Jakarta. Pelatihnya juga baru dari Eropa. Ini tantangan besar untuk tim saya," jelas Dejan.

Sebelum memoles PSS, Dejan pernah membawa Kitchee menjuarai Hong Kong Senior Shield pada 2005/2006 dan dua kali Hong Kong League Cup pada 2005/2006 dan 2006/2007.

Hanya saja di Indonesia, tangan dingin Dejan lebih teruji ketimbang Alessio. Arsitek berusia 52 tahun itu punya pengalaman menangani sejumlah tim, seperti Pelita Bandung Raya (PBR) yang kini menjelma sebagai Madura United dan Persib Bandung.

Dejan menyulap PBR sebagai kuda hitam dalam periode kepelatihannya pada 2013-2015. Berkat kepiawainnya, pelatih kelahiran 22 Januari 1969 itu ditunjuk untuk memegang kemudi Persib pada 2016.

Namun, Dejan belum pernah berprestadi di Indonesia. Ketika melatih Persib pada 2016, mantan pelatih Arema Indonesia itu terpaksa mundur karena buruknya performa tim.

2 dari 3 halaman

Angelo Alessio, Tangan Kanan Setia Antonio Conte

Mantan pelatih Tim Skotlandia, Kilmarnock ini memulai latihan dengan sesi conditional strength, dilanjutkan dengan latihan rondo, dan materi finishing. Sebelum bertemu langsung, Angelo sering berkomunikasi dengan Sudirman dan menyisipkan sejumlah materi latihan. (Foto: Dok. Persija Jakarta)

Nama Angelo Alessio mulai tenar ketika menjadi asisten bagi Antonio Conte. Pria berusia 56 tahun ini menjadi tangan kanannya di Juventus, Timnas Italia, dan Chelsea.

Bersama Conte, Alessio meraih tiga gelar Serie A, dua trofi Piala Super Italia, satu gelar Premier League, dan satu trofi Piala FA.

Setelah menjadi asisten Conte selama tujuh tahun, Alessio memilih untuk berpisah dan menangani klub Skotlandia, Kilmarnock sebagai pelatih kepala.

Alessio ditunjuk pada Juni 2019. Namun, kariernya berakhir prematur. Arsitek asal Italia itu diberhentikan pada Desember 2019 setelah hanya melatih lima bulan.

Menganggur sekitar setahun lebih, Persija Jakarta memercayai Alessio sebagai pelatih untuk BRI Liga 1. Pelatih kelahiran 29 April 1965 itu memikul beban berat mengingat status juara tim ibu kota di Piala Menpora 2021 ketika ditangani Sudirman.

Alessio baru kembali dan dua hari melatih Persija setelah pulang kampung ke Italia selama sebulan lebih akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa hingga Bali.

Alessio dituntut untuk membawa Persija finis di tiga besar BRI Liga 1 tanpa pengganti Marc Klok, pemain terbaik Piala Menpora yang menyebrang ke Persib Bandung.

"Tim ini punya persiapan bagus. Saya mengikuti setiap latihan, saya juga menyaksikan setiap uji coba. Saya akan turunkan komposisi terbaik untuk melawan PSS," terang Alessio.

3 dari 3 halaman

Jadwal PSS Vs Persija

BRI Liga 1 - Duel Antarlini - PSS Sleman Vs Persija Jakarta (Bola.com/Adreanus Titus)

Pekan Pertama BRI Liga 1

  • Minggu, 5 September 2021
  • PSS Sleman Vs Persija Jakarta
  • Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor
  • Kick-off 20.30 WIB
  • Live Indosiar dan Vidio

Berita Terkait