Liga Spanyol: Gelandang AC Milan Masuk Daftar Belanja Barcelona

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 13 Sep 2021, 09:15 WIB
Gelandang AC Milan, Franck Kessie melakukan selebrasi usai mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Udinese di masa injury time dalam laga lanjutan Liga Italia 2020/21 pekan ke-25 di San Siro Stadium, Rabu (3/3/2021). AC Milan bermain imbang 1-1 dengan Udinese. (AP/Antonio Calanni)

Bola.com, Jakarta - Barcelona dilaporkan siap menyaingi klub-klub seperti Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Paris Saint-Germain untuk mendapatkan tanda tangan gelandang AC Milan, Franck Kessie.

Franck Kessie tampil hampir sempurna pada musim lalu. Pemain berusia 24 tahun itu mencetak 14 gol dan mencatatkan enam assist dalam 50 penampilan bersama AC Milan.

Advertisement

Masa depan Kessie di San Siro masih jauh dari pasti, karena kontraknya saat ini akan berakhir Juni mendatang, dan diyakini sejauh ini dia telah menolak kesempatan untuk memperpanjang kontraknya.

Sejumlah klub, termasuk Chelsea, Liverpool, Tottenham dan PSG, dikatakan bersaing untuk mendapatkan tanda tangan sang gelandang. Dinukil dari Mundo Deportivo, ada juga minat yang kuat dari Barcelona, ​​​​meskipun raksasa Catalan itu masih diterpa masalah keuangan.

Jika situasinya masih sama, Franck Kessie akan bebas untuk melakukan diskusi dengan klub lain pada Januari tahun depan, dan Chelsea diduga telah menawarkan gaji senilai €8m per tahun untuk pindah ke Stamford Bridge.

2 dari 5 halaman

PSG Cari Celah

Gelandang AC Milan, Franck Kessie melakukan eksekusi penalti yang berbuah gol penyeimbang 1-1 ke gawang Udinese di masa injury time dalam laga lanjutan Liga Italia 2020/21 pekan ke-25 di San Siro Stadium, Rabu (3/3/2021). AC Milan bermain imbang 1-1 dengan Udinese. (AP/Antonio Calanni)

Paris Saint-Germain seperti dikabarkan Footmercato, turut memantau situasi Franck Kessie di AC Milan. Raksasa Prancis itu kabarnya menaruh minat kepada pemain asal Pantai Gading tersebut.

PSG yang punya kekuatan finansial mumpuni siap menampungnya. Direktur Olahraga PSG, Leonardo, disebut sudah menghubungi Paolo Maldini terkait keinginan mereka pada Franck Kessie.

PSG disebut siap memberikan gaji tinggi untuk Franck Kessie yakni 8 juta euro (Rp134,8 miliar) per tahun. Tawaran ini tentu akan sulit ditolak Kessie.

PSG berencana merekrut sang gelandang pada bursa transfer Januari 2022. AC Milan tentu akan berpikir untuk melepas Franck Kessie saat itu ketimbang tak mendapatkan apapun saat statusnya bebas transfer.

3 dari 5 halaman

Kalau Ngeyel Jual Saja

Gelandang AC Milan, Franck Kessie melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Parma dalam laga lanjutan Liga Italia 2020/2021 pekan ke-30 di Ennio-Tardini Stadium, Parma, Sabtu (10/4/2021). AC Milan menang 3-1 atas Parma. (LaPresse via AP/Spada)

Mantan pemain AC Milan, Massimo Ambrosini mengatakan Franck Kessie adalah pemain yang hebat. Tapi ia menekankan bahwa manajemen klub tidak boleh serta merta mengiyakan kemauan sang gelandang tersebut.

Ia mendesak AC Milan untuk segera merampungkan negosiasi kontrak baru dengan Franck Kessie. Hanya saja, martabat tim mesti dijunjung tinggi.

"Dia adalah pemain hebat. Tapi pasar sepak bola belakangan ini mengajari kita bahwa banyak pemain hebat yang memilih gaji besar pada akhir kariernya," kata Ambrosini kepada La Gazzetta dello Sport.

"Pertanyaannya sekarang adalah, apakah worth it memberikan banyak uang demi sebuah proyek? Buat saya jawabannya adalah ya."

"Dia harus memahami apa keinginan sebenarnya, apakah cinta untuk apa yang mereka lakukan dan di mana mereka melakukannya adalah aspek yang dominan atau tidak."

4 dari 5 halaman

Buat Proyek Lain, Kenapa Tidak?

Permainan tak banyak berubah di babak kedua. Keunggulan 4-1 AC Milan bertahan hingga pertandingan usai. Hasil tersebut membuat Rossoneri menempati urutan keempat klasemen sementara Liga Italia musim 2021/2022. (Foto: AP/Luca Bruno)

Lebih lanjut, Ambrosini menekankan pentingnya martabat sebuah klub yang lebih besar ketimbang pemain itu sendiri. Kalau memang Kessie tak ada hasrat untuk bermain dengan hati, lebih baik dijual saja.

"Tim seperti AC Milan tidak boleh diperas oleh pemain seperti apapun. Kasih mereka kontrak yang paling mungkin dan masuk akal, sama seperti kepada Donnarumma dan Calhanoglu, harus ada batasnya."

"Seseorang layak bermain untuk Milan. Kessie, soal teknis, sudah menemui aspek itu, apalagi dengan kepemimpinannya, dia selalu bermain sekuat tenaga dan tak pernah mengeluh."

"Saya selalu berharap yang terbaik buat Milan, yakni Kessie puas dengan tawaran yang diajukan klub."

5 dari 5 halaman

Sanggupkah AC Milan Juara Serie A?

Berita Terkait