Hendra Setiawan dan Greysia Polii Jadi Kapten Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 07 Okt 2021, 21:30 WIB
Hendra Setiawan dan Greysia Polii jadi kapten Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020. (Twitter/INABadminton)

Bola.com, Aarhus - Tim bulutangkis Indonesia sudah resmi menunjuk kapten untuk perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020. Hendra Setiawan jadi kapten di tim putra, sedangkan Greysia Polii kapten tim putri. 

"Perkenalkan kapten kami. Hedra Setiawan dan Greysia Polii," tulis PBSI melalui akun media resmi, Kamis (7/10/2021). 

Advertisement

Hendra Setiawan menjadi pemain paling senior di tim Indonesia untuk Piala Thomas 2020. Begitu juga Greysia Polii di tim Indonesia di Piala Uber 2020.  Perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020 akan bergulir mulai Sabtu (9/10/2021).  

Sementara itu, tim bulutangkis Indonesia mulai berlatih di Ceres Arena, Aarhus, Kamis (7/10/2022) pagi. Para pemain melakoni latihan perdana dengan penuh gairah, antusias, dan semangat baru.

Mereka bisa mencicipi latihan pertama di arena pertandingan. Latihan berlangsung hanya sejam. Kendati singkat, pemain menjalani latihan dengan sungguh-sungguh.

Sebanyak 24 pemain yang terdiri atas 12 pemain putra dan 12 putri di bawah arahan pelatih masing-masing, tidak mau kehilangan momen. Hendra Setiawan dkk., benar-benar memanfaatkan sesi ini dengan optimal. Mereka menjalani latihan pertama di tempat yang bakal menjadi arena pertandingan perebutan Piala Thomas dan Uber 2020 pada 9-17 Oktober 2021 itu dengan penuh semangat.

 

2 dari 3 halaman

Latihan Tim Putra

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, berlatih di Ceres Arena, Aarhus, Kamis (7/10/2021), jelang perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020. (PBSI)

Tiga puluh menit pertama, tim Piala Thomas berlatih teknik. Ini karena hanya ada tiga lapangan yang tersedia di arena yang berkapasitas sekitar 5.000 kursi. Sektor tunggal putra berlatih bersama. Anthony Sinisuka Ginting berpartner dengan Jonatan Christie bertanding melawan Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Di kelompok ganda putra, Hendra Setiawan berpasangan dengan Mohammad Ahsan berlatih melawan Marcus Fernaldi/Fajar Alfian. Di lapangan lain, Kevin Sanjaya berduet dengan Rian Ardianto berlatih tanding dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Beberapa saat kemudian, formasi pemain ganda berlatih sesuai dengan pasangannya masing-masing. Mereka juga berpindah lapangan dari lapangan satu ke lapangan kedua, dan lanjut ke lapangan ketiga.

Sementara tim putra berlatih teknik, tim Piala Uber sambil menunggu giliran melakukan pemanasan dan latihan fisik ringan dengan joging di pinggir lapangan. Mereka baru berlatih teknik setelah tim putra rampung.

3 dari 3 halaman

Adaptasi Lapangan

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, berlatih di Ceres Arena, Aarhus, Demark, Kamis (7/10/2021) jelang perhelatan Piala Uber 2021. (PBSI)

Sementara itu, di tim ganda putri, Greysia Polii berlatih bersama Febby Valencia menghadapi Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Sebelumnya Greysia/Febby menjajal Nita Violina Marwah/Putri Syaikah. Lalu, Ribka/Fadia berjibaku melawan Apriyani Rahayu/Jesita Putri Miantoro.

Di tunggal putri, empat pemain juga berlatih bersama. Gregoria Mariska berlatih melawan Nandini Putri Arumi. Sementara Ester Nurumi Tri Wardoyo berlatih dengan Putri Kusuma Wardani.

Semua ini dilakukan agar pemain bisa cepat beradaptasi dengan ketiga lapangan yang akan menjadi arena pertandingan. Mereka harus beradaptasi dengan arah angin, tata lampu, dan jenis shuttlecock yang digunakan.

Menurut Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI, hari ini Skuad Merah-Putih bisa berlatih di Ceres Arena. Semua pemain juga dalam kondisi baik setelah kemarin hanya berlatih ringan di hotel. Semua berlatih penuh gairah dan semangat.

"Hari ini kami bisa menjajal lapangan. Kami manfaatkan sebaik mungkin kesempatan. Kami berharap pemain bisa beradaptasi secepat mungkin dengan arena. Kita masih memiliki dua hari lagi untuk berlatih di sini dan beradaptasi sebelum bertanding pada Sabtu mendatang," tutur Rionny di Ceres Arena.