Beri Semangat buat Tim Thomas dan Uber, Ketum PBSI: Kembalikan Supremasi Bulutangkis Indonesia

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 09 Okt 2021, 13:15 WIB
Pelepasan tim Indonesia untuk Piala Thomas dan Uber 2020, di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Senin (20/9/2021). (Media PBSI)

Bola.com, Jakarta - Pertandingan bulutangkis Piala Thomas dan Uber 2020 akan berlangsung mulai Sabtu, (9/10/2021) sampai Minggu, (17/10/2021) di Aarhus, Denmark. Dukungan dan tambahan semangat terus mengalir. Kali ini datang dari Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna.

Indonesia membawa 24 atlet. Untuk kategori putra (Thomas Cup) ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Chico Aura Dwi Wardoy, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, dan Daniel Marthin.

Advertisement

Sementara untuk tim putri (Uber) diperkuat Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Nandini Putri Arumni, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Nita Violina Marwah, Putri Syaikah, Febby Valencia Dwijayanti Gani, dan Jesita Putri Miantoro.

Agung Firman Sampurna dan Alex Tirta, melalui pertemuan secara daring, Jumat (8/10/2021) malam WIB atau sore waktu setempat, membagikan motivasi dan semangat baru kepada para pemain dan pelatih yang menginap di Hotel Scandic, Aarhus.

"Bertandinglah dengan penuh semangat. Sebab, semangat itu sangat penting dalam pertandingan. Teknik dan stamina itu memang sulit disimulasikan dalam waktu pendek. Tetapi berbekal semangat, semua kekurangan teknik dan stamina itu bisa ditutupi di tengah lapangan," pesan Agung.

"Dan salah satu harapan saya dan juga masyarakat Indonesia adalah bagaimana tim ini bisa merebut Piala Thomas dan Uber. Saya harapkan pemain bisa menampilkan peemainan terbaik demi mengembalikan supremasi bulutangkis kembali ke Tanah Air," katanya lagi.

 

2 dari 3 halaman

Sudah Evaluasi

Jadwal Lengkap Piala Thomas dan Uber Cup 2020 di Vidio

Menyangkut kegagalan skuat Merah-Putih pada perebutan Piala Sudirman XVII di Finlandia lalu, Agung menyebut sudah mendapat laporan. Termasuk kenapa Indonesia tidak berprestasi seperti yang diharapkan.

Meskipun demikian, dikatakannya, evaluasi tetap diperlukan, entah dalam konteknya terhadap pemain dan pelatih. "Saya sudah memantau hasil tim Indonesia pada perebutan Piala Sudirman lalu di Finladia. Saya percaya saat itu para pemain telah mengeluarkan kemampuan terbaik,. Meski begitu tetap perlu ada evaluasi," tuturnya.

Dituturkan Agung, untuk diketahui di Finlandia itu ada anomali alam yang dikenal dengan midnight sun. Yaitu sinar matahari yang sangat terik dan terjadi di malam hari.

"Saya tidak tahu apakah anomali alam di Finlandia tersebut menjadi sebuah simbol bagi pemain-pemain bulutangkis Indonesia. Banyak potensi terbaik, namun karena satu dan lain hal, pemain-pemain terbaik yang kita miliki malah tidak bisa mengeluarkan potensi-potensi terbaik," sebut Agung.

Sebagai penutup, Agung mengharapkan para pemain bertanding penuh semangat. "Bertarunglah bukan untuk diri sendiri. Tetapi bertarunglah untuk kami semua yang ada di Tanah Air. Karena, satu-satunya harapan itu datangnya dari cabang bulutangkis," tutup Agung.

 

3 dari 3 halaman

Line-up Tim Uber Indonesia Vs Jerman

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, berlatih di Ceres Arena, Aarhus, Demark, Kamis (7/10/2021) jelang perhelatan Piala Uber 2021. (PBSI)
  • Gregoria Mariska Tunjung vs Yvonne Li
  • Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Stine Kuspert/Emma Moszczynski
  • Putri Kusuma Wardani vs Ann-Kathrin Spori
  • Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Annabella Jaeger/Leona Michalski
  • Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Thuc Phuong Nguyen

Berita Terkait