Foto: Perebutan Juara Dunia Formula 1 Semakin Ketat usai Hamilton Sukses Pangkas Jarak Poin dari Verstappen di GP Qatar 2021

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 22 Nov 2021, 00:45 WIB
Lewis Hamilton mencatatkan dirinya sebagai pemenang di edisi pertama balapan F1 GP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (21/11/2021) malam WIB. Hasil tersebut membuat dirinya hanya terpaut 8 poin dari pimpinan klasemen, Max Verstappen. (AP/Darko Bandic)
Hamilton tampil dominan sejak sesi kualifikasi. Juara dunia tujuh kali tersebut memulai balapan dari posisi terdepan. (AP/Darko Bandic)
Nasib berbeda dialami oleh rivalnya, Max Verstappen. Pembalap asal Belanda tersebut harus turun lima grid usai mendapatkan penalti. Verstappen melorot dari posisi kedua menjadi posisi ketujuh karena mengabaikan bendera kuning saat sesi kualifikasi. (AFP/Karim Jaafar)
Tim Red Bull Racing dan Max Verstappen mencoba taktik undercut dengan mengganti ban pada lap ke-18 untuk memangkas jarak waktu dengan Hamilton. Namun, Tim Mercedes langsung merespon untuk melakukan pit stop di lap berikutnya dan sukses mempertahankan Hamilton di posisi pertama. (AFP/Karim Jaafar)
Sementara itu, rekan setim Lewis Hamilton, Valtteri Bottas harus bernasib apes usai mengalami pecah ban pada lap ke-34. Ia harus 'menyeret' mobilnya ke pit stop untuk mengganti ban yang lain. Hal tersebut membuat posisinya melorot dari P3 menjadi P14. (AP/Darko Bandic)
Perebutan podium terakhir berlangsung sengit antara Fernando Alonso dan Sergio Perez. Strategi berani Alonso untuk tidak mengganti ban sukses usai Virtual Safety Car (VSC) menyala setelah marshal harus membersihkan serpihan dari mobil Nicolas Latifi yang juga mengalami pecah ban. (AFP/Karim Jaafar)
Hamilton terus nyaman di posisi terdepan hingga berakhirnya balapan. Hal tersebut membuat persaingan menjadi Juara Dunia Formula 1 semakin terbuka mengingat masih ada dua balapan tersisa. (AFP/Karim Jaafar)

Berita Terkait