Foto: Mengulik Kisah 5 Klub Tertua yang Tampil di Liga Inggris Musim Ini

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 06 Des 2021, 15:17 WIB
Klub-klub di Liga Inggris merupakan tim yang memiliki sejarah panjang di dunia sepak bola. Bahkan ada umur mereka yang telah menginjak satu abad. Berikut lima klub tertua yang tampil di Premier League musim ini.
Wolverhampton Wanderers - Klub yang bermarkas di Molineux Stadium ini sebenarnya berdiri pada tahun 1877 dengan nama St. Luke FC, Namun pada bulan Agustus 1989 klub resmi mengganti nama menjadi Wolverhampton Wanderers hingga sekarang. (AFP/Glyn Kirk)
Wolves pernah merasakan era kejayaan pada periode tahun 1950-an. Mereka berhasil memenangkan 3 gelar juara Liga Inggris, 1 Piala FA dan 2 Piala Community Shield. (AFP/Glyn Kirk)
Manchester United - Klub berjulukan Setan merah ini dalam sejarahnya berdiri pada 1878 dengan nama Newton Heath LYR FC. Barulah pada tahun 1902, mereka berganti nama menjadi Manchester United. (AP/Martin Rickett)
Manchester United merupakan klub tersukses di era modern sepak bola Inggris. Mereka berhasil menjuarai 13 kali gelar juara Premier League. (AP/Frank Augstein)
Everton - Klub tertua di wilayah Merseyside ini didirikan pada tahun 1878 sebagai tim kriket dengan nama St. Domingo’s FC. Barulah pada tahun 1879 mereka berganti nama menjadi Everton dan baru terjun di dunia sepak bola pada tahun 1888. (AFP/Paul Ellis)
Klub berjuluk The Toffees ini pernah menjuarai 9 kali gelar juara Liga Inggris, 5 kali FA Cup dan 9 Community Shield. (AFP/Lindsey Parnaby)
Watford - Klub promosi Premier League musim ini termasuk tim tertua di Inggris. Mereka berasal dari wilayah Hertfordshire dan berdiri pada tahun 1881 dengan nama Watford Rovers sebagai sebuah tim sepak bola amatir. (AFP/Paul Ellis)
Untuk urusan prestasi klub berjuluk The Hornets ini memang mengecewakan dan tertinggal jauh dari klub-klub tua lainnya. Watford belum pernah sama sekali menjadi juara di kompetisi resmi mana pun. (AFP/Adrian Dennis)
Aston Villa - Klub dari wilayah Birmingham yang berdiri pada 21 November 1874 ini merupakan tim tertua yang berlaga di Liga Inggris musim ini. (AP/Jonathan Brady)
Prestasi klub berusia 147 tahun itu juga cukup mentereng yakni menjuarai tujuh kali Liga Inggris dan 1 juara Liga Champions, tepatnya pada tahun 1982. (AP/Rui Vieira)

Berita Terkait