Foto: Aubameyang dan Sederet Kapten di Liga Inggris yang Pernah Dicopot dari Jabatannya

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 19 Des 2021, 16:21 WIB
Arsenal baru saja mencopot jabatan kapten dari Pierre-Emerick Aubameyang pada Rabu (15/12/2021). Keputusan ini dibuat setelah pemain Gabon tersebut beberapa kali melakukan tindakan indisipliner. Setelah insiden ini, masa depannya di Emirates pun menjadi tidak jelas. (AFP/Pool/Will Oliver)
Sebelum Aubameyang, Arsenal terlebih dahulu pernah mencopot jabatan kapten tim dari Granit Xhaka pada 2019 lalu. Hal itu terjadi ketika dirinya melontarkan umpatan dan gestur kasar kepada fans Arsenal saat digantikan Bukayo Saka. Ia tampak mengulur waktu padahal skor masih seri. (AFP/Ben Stansall)
Pierre-Emile Hojbjerg dipercaya mengenakan ban kapten Southampton menjelang akhir musim 2018/2019. Namun belum genap setahun, ia memberikan pernyataan yang membuat jabatannya tersebut dicopot. Hojbjerg mengungkapkan ingin pindah ke klub dengan level yang lebih tinggi. (AFP/Glyn Kirk)
Nasib sama juga dialami oleh Chris Samba. Ia menginginkan untuk bermain di klub yang lebih besar usai dirinya tidak setuju atas pemecatan pelatihnya saat itu, Sam Allardyce pada 2010. Namun, keputusan itu hanya bertahan sebentar dan benar-benar dicopot saat hengkang pada 2012. (AFP/Graham Stuart)
William Gallas ditunjuk sebagai kapten Arsenal untuk menggantikan Thierry Henry pada awal musim 2007/2008. Sayangnya jabatan tersebut hanya bertahan satu musim usai dirinya menyebarkan perseteruan di ruang ganti ke publik yang membuat tim menjadi tidak kondusif. (AFP/Adrian Dennis)
Joey Barton dicopot dari kapten Queens Pangers usai dirinya melakukan tindakan tidak sportif saat laga melawan Manchester City pada musim 2011/12. Ia terlihat menyikut Tevez, menendang Aguero, dan menanduk Kompany. Akibatnya, ia diganjar berbagai hukuman dari klub dan Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

Berita Terkait