Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Petik Pelajaran Berharga Setelah Kalah Telak dari Thailand

oleh Fitri Apriani diperbarui 31 Des 2021, 06:15 WIB
Irfan Jaya - Winger Indonesia ini adalah lawan utama Teerasil Dangda dalam perebutan gelar top skor Piala AFF 2020. Sejauh ini pemain PSS Sleman itu telah mencetak tiga gol. Irfan berpeluang menyamai torehan gol Dangda atau bahkan melampauinya di partai puncak. (AFP/Roslan Rahman)

Bola.com, Jakarta - Kekalahan telak 0-4 yang dialami Timnas Indonesia kala berhadapan dengan Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (29/12/2021), cukup menyakitkan. Namun, kekalahan tersebut memberikan pelajaran yang penting.

Thailand tak tanggung-tanggung mempermalukan Timnas Indonesia dengan mencetak empat gol tanpa balas pada leg pertama final Piala AFF 2020. Dua gol pertama Thailand dicetak Chanathip Songkrasin dan kemudian Supachok Sarachat dan Bordin Phala juga mencetak gol.

Advertisement

Penyerang sayap Timnas Indonesia, Irfan Jaya, menilai seluruh komponen yang ada di dalam Tim Garuda perlu instrospeksi dari kekalahan telak ini. Harapannya, semua kelemahan bisa dibenahi ketika Tim Garuda menjalani leg kedua final Piala AFF 2020, Sabtu (1/1/2022).

"Pastinya kami harus sama-sama introspeksi diri. Kekurangan dari pemain, semua harus diperbaiki," ujar Irfan Jaya mengenai hal yang harus dilakukan Timnas Indonesia jelang kembali berhadapan dengan Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2020.

 

2 dari 3 halaman

Harus Sabar

Pada menit ke-63 Egy Maulana Vikri dimasukkan pelatih Shin Tae-yong menggantikan Ricky Kambuaya untuk meningkatkan serangan akibat stamina Ricky Kambuaya yang mulai kelelahan. (AP/Suhaimi Abdullah)

Hal senada juga diucapkan bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho. Penggawa Persebaya Surabaya ini juga menambahkan timnya perlu lebih tenang lagi saat bermain.

"Kami harus lebih sabar lagi, jangan terburu-buru, lebih tenang, yang penting introspeksi diri dari pertandingan kemarin," imbuh Rizky Ridho.

Adapun, leg kedua final Piala AFF 2020 akan digelar Sabtu (1/1/2022). Lokasi pertandingannya sama seperti pertemuan pertama, yaitu National Stadium, Kallang, Singapura

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Leg 2 Final Piala AFF 2020

Piala AFF - Thailand Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Jadwal Leg 2 Final Piala AFF 2020

Sabtu, 1 Januari 2022

Thailand vs Timnas Indonesia

Stadion: National Stadium, Kallang, Singapura

Kikc-off: 19.30 WIB.

 

Berita Terkait