2 Variasi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Timor Leste: Momentum Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 26 Jan 2022, 10:15 WIB
Timnas Indonesia - Duel Antarlini - Indonesia Vs Timor Leste (Bola.com/Lamya Dinata/Adreanus Titus)

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia gagal mendapatkan lawan yang lebih sepadan dalam periode FIFA Matchday 24 Januari-1 Februari 2022. Tim berjuluk Skuad Garuda itu hanya akan melawan Timor Leste.

Timnas Indonesia bakal beruji coba dua kali dengan Timor Leste pada 27 dan 30 Januari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Advertisement

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak banyak tahu tentang kekuatan Timor Leste. Namun, arsitek asal Korea Selatan itu mengaku sempat menyaksikan aksi Gali Freitas dkk. di Piala AFF 2020.

"Maaf, Timor Leste tidak terlalu bagus," kata Shin Tae-yong ketika ditanya mengenai kekuatan Timor Leste dalam channel YouTube PSSI TV.

"Saya hanya menonton pertandingan Timor Leste di Piala AFF saja," terang pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Bicara Piala AFF 2020, Timnas Indonesia berstatus runner-up setelah kalah 2-6 secara agregat dari Thailand pada partai puncak. Adapun, Timor Leste tersingkir di babak penyisihan akibat menjadi juru kunci Grup A.

Melihat ranking FIFA, Timnas Indonesia unggul dari Timor Leste. Ricky Kambuaya dkk. menempati peringkat ke-164 dengan 992,31 poin per 23 Desember 2021.

Sementara Timor Leste berada di posisi ke-196 dengan 873,13 poin dan menjadi negara terburuk keempat dalam ranking FIFA untuk kawasan Asia.

"Kami akan berusaha menampilkan permainan yang kami inginkan. Pelan-pelan, kami pasti membuat warna baru di dalam tim," jelas Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 27 pemain untuk melawan Timor Leste. Belakangan, jumlahnya berkurang menjadi 26 nama. Sebab, Elkan Baggott tidak dapat bergabung karena masih dibutuhkan klubnya, Ipswich Town.

Lantas, seperti apa dua variasi formasi yang dapat dipakai Timnas Indonesia kontra Timor Leste?

2 dari 4 halaman

4-1-4-1

Timnas Indonesia - Formasi Timnas Indonesia Vs Timor Leste - Formasi 4-1-4-1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Pakem pertama adalah 4-1-4-1. Formasi ini berdasarkan pola kebiasaan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dan menggabungkan para pemain senior dan U-23.

Nadeo Argawinata akan menjadi kiper utama, dengan Rizky Dwi, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan sebagai empat bek yang berdiri di depannya.

Pakem ini dapat mengakomodasi Evan Dimas kembali ke starting eleven untuk berduet dengan Ricky Kambuaya di lini tengah. Rachmat Irianto berdiri di belakangnya sebagai gelandang jangkar.

Dua pos gelandang sayap menjadi milik Irfan Jaya dan Ramai Rumakiek. Sementara satu slot di lini depan bisa diplot untuk Muhammad Rafli, alih-alih Dedik Setiawan yang tampil melempem di Piala AFF.

Timnas Indonesia (4-1-4-1): Nadeo Argawinata; Rizky Dwi, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Irfan Jaya, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek; Muhammad Rafli

3 dari 4 halaman

4-3-3

Timnas Indonesia - Formasi Timnas Indonesia Vs Timor Leste - Formasi 4-3-3 (Bola.com/Adreanus Titus)

Formasi ini berisikan mayoritas pemain U-23 yang dilengkapi sejumlah pemain muda. Perlu diingat, uji coba Timnas Indonesia melawan Timor Leste juga sebagai persiapan untuk Piala AFF U-23 2022.

Lantaran usia Nadeo Argawinata telah di atas 23 tahun, maka posisi penjaga gawang menjadi milik Ernando Ari. Bayu Fiqri dan Rizky Ridho menggantikan Rizky Dwi dan Fachruddin Aryanto di lini belakang.

Gelandang muda yang tengah naik daun, Marselino Ferdinan bakal bahu-membahu bersama dua rekan setimnya di Persebaya, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto di lini depan Timnas Indonesia.

Bomber masa depan Madura United, Ronaldo Kwateh bisa dimainkan menjadi penyerang tengah dan diapit oleh Irfan Jaya dan Ramai Rumakiek di sisi sayap.

Timnas Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Bayu Fiqri, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan; Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Ronaldo Kwateh

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Uji Coba - Timnas Indonesia Vs Timor Leste (Bola.com/Adreanus Titus)

Kamis, 27 Januari 2022

  • Timnas Indonesia Vs Timor Leste
  • Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar
  • Kick-off 18.30 WIB
  • Live Indosiar dan Live Streaming Vidio

Minggu, 30 Januari 2022

  • Timnas Indonesia Vs Timor Leste
  • Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar
  • Kick-off 18.30 WIB
  • Live Indosiar dan Live Streaming Vidio

Berita Terkait