Trio Timor Leste yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia: Ngotot dan Punya Jam Terbang

oleh Aryo Atmaja diperbarui 26 Jan 2022, 06:30 WIB
Timor Leste - Pemain Kunci Timor Leste (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal beruji coba dua kali dengan Timor Leste pada 27 dan 30 Januari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Pertandingan ini menjadi agenda FIFA Matchday bagi kedua tim.

Sebelumnya, Timnas Indonesia mendapat banyak pelajaran di Piala AFF 2020, setelah menyerah agregat 2-6 dari Thailand di final. Sementara Timor Leste tersingkir di babak penyisihan akibat menjadi juru kunci Grup A.

Advertisement

Tim Merah-putih jelas lebih diunggulkan mengingat rekor pertemuan dan ranking FIFA. Timnas Indonesia menempati peringkat ke-164 dengan 992,31 poin per 23 Desember 2021.

Sementara Timor Leste berada di posisi ke-196 dengan 873,13 poin dan menjadi negara terburuk keempat dalam ranking FIFA untuk kawasan Asia. Akan tetapi Timor Leste tidak boleh diremehkan begitu saja.

Timnas Timor Leste berpotensi kembali berkekuatan pemain yang tampil di Piala AFF bulan lalu. Negara yang dulunya masuk dalam bagian Provinsi Indonesia ini punya sederet pemain kunci yang layak diwaspadai. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya versi Bola.com:

 

 

2 dari 4 halaman

Rufino Walter Gama

Penyerang timnas Timor Leste U-23, Rufino Walter Gama melakukan selebrasi usai menjebol gawang Brunei Darussalam di kualifikasi grup H Piala Asia 2016 di Stadion GBK Jakarta, Selasa (31/3/2015). Timor Leste unggul 3-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seorang gelandang sentral Timor Leste yang patut diantisipasi TImnas Indonesia. Rufino Walter Gama menjadi kepingan kekuatan lini tengah Timor Leste, meski masih berusia 23 tahun.

Ia sudah menjadi langganan Timor Leste sejak tahun 2017. Rufino Gama sudah ditempa bertarung di beberapa ajang internasonal bersama Timor Leste.

Caps yang ia torehkan juga cukup apik. Seperti tampil penuh saat tampil di Piala AFF 2018. Sementara di edisi 2020 kemarin, Rufino bermain sebanyak tiga kali.

Bersama Timnas Timor Leste, Rufino Gama sudah mengoleksi tiga gol. Sebuah catatan yang apik untuk ukuran pemain di sektor tengah.

3 dari 4 halaman

João Pedro da Silva Freitas

Bek Timnas Indonesia, Hansamu Yama, melakukan tekel saat melawan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/Yoppy Renato)

Menjadi pemain kunci lainnya yang dipunyai Timnas Timor Leste dan cukup berpengalaman. Joao Pedro menempati sektor penyerang sayap dan punya kelebihan dalam kecepatan.

Sama seperti Rufino Gama, pemain 23 tahun ini sudah tampil dalam dua edisi Piala AFF yang berbeda. Selain edisi tahun 2020, sebelumnya Joao Pedro juga pernah memperkuat timnas Timor Leste pada Piala AFF 2018.

Meski tampil menawan bahkan ikut mencetak gol, sayangnya, tak ada satu pun dari pertandingan tersebut yang sukses diakhiri dengan kemenangan untuk timnya. Dalam seluruh penampilannya di Piala AFF, Joao Pedro mengemas satu gol.

4 dari 4 halaman

Armindo Correira

Timnas Thailand meraih kemenangan 2-0 atas Timor Leste pada laga perdana Grup A Piala AFF 2020. (dok. AFF)

Pria bernama lengkap Armindo Correira de Almeida merupakan satu di antara pemain paling senior di skuad Timnas Timor Leste, untuk Piala AFF 2020. Ia adalah sosok kapten tim negaranya di turnamen kemarin.

Pada gelaran Piala AFF 2020 lalu, dia juga selalu tampil penuh untuk mengisi sektor lini tengah Timor Leste. Dari empat pertandingannya di Grup A, pemain berusia 23 tahun ini dipercaya sebagai kapten

Armindo selalu bermain penuh alias 90 menit untuk Timor Leste selama babak penyisihan grup. Menariknya dari seorang Armindo adalah, debutnya di laga internasional saat melawan Indonesia pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2018.

Berita Terkait