Foto: Bintang Liga Inggris Bawa Mesir ke Perempatfinal Piala Afrika 2021

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 27 Jan 2022, 07:51 WIB
Mohamed Salah berhasil menjadi penentu kemenangan Mesir saat menumbangkan Pantai Gading di babak 16 besar Piala Afrika 2021 yang berlangsung di Stade Omnisport de Douala, Rabu (26/1/2022) malam WIB. (AFP/Charly Triballeau)
Sejak awal pertandingan, kedua tim sama-sama bermain menekan dan menebar ancaman. Sempat dikejutkan dengan tendangan Franck Kessie dari luar kotak penalti di menit ketiga, Mesir membalas serangan lewat tembakan Omar Marmoush (kanan) yang membentur tiang gawang. (AFP/Charly Triballeau)
Mohamed Salah dkk masih belum mampu menciptakan gol hingga waktu turun minum. Sebaliknya, Pantai Gading juga kesulitan menembus pertahanan yang dibangun oleh Mesir. (AFP/Charly Triballeau)
Di babak kedua, Sebastien Haller (kanan) membuat kesempatan emas pada menit ke-70. Ia memiliki peluang dari jarak dekat, namun sundulannya masih mampu dihalau oleh kiper Mohamed El-Shenawy. (AFP/Charly Triballeau)
Hingga wasit meniupkan peluit panjang akhir pertandingan, tak ada gol yang tercipta. Hal tersebut memaksa pertandingan harus dilanjutkan ke babak dua kali 15 menit, yang ternyata kedua tim juga masih buntu. (AFP/Charly Triballeau)
Laga dilanjutkan ke babak adu penalti. Pantai Gading tertinggal satu angka di tendangan ketiga, yaitu saat eksekusi Eric Bailly mampu dibaca. Hal tersebut membuat Mesir menunjuk Mohamed Salah sebagai algojo penentu. (AFP/Charly Triballeau)
Eksekusi Mohammed Salah memastikan kemenangan 5-4 Mesir di babak adu penalti. The Pharaohs lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2021 dan dijadwalkan akan menghadapi Maroko. (AFP/Charly Triballeau)