Markus Horison Berharap Ada Lagi Kiper Indonesia yang Bermain di Luar Negeri Seperti Kurnia Sandy

oleh Hery Kurniawan diperbarui 03 Mar 2022, 15:15 WIB
Markus Horison ngobrol santai dengan kiper Mitra Kukar, Shahar Ginanjar, di Solo. (Dok Bola.com)

Bola.com, Jakarta - Sudah cukup banyak pemain Indonesia yang mencoba peruntungan bermain di kompetisi sepak bola luar negeri. Belakangan, jumlah para pemain itu pun jadi semakin banyak.

Mereka menuju ke beberapa destinasi. Eropa misalnya seperti yang dilakukan Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri dan beberapa pemain lain.

Advertisement

Ada pula di Asia seperti Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam. Terbaru Pratama Arhan yang mencoba peruntungan di Jepang.

Namun, dari sekian banyak daftar pemain itu tidak ada kiper asli Indonesia yang memperkuat klub di luar negeri. Hal itu cukup disesalkan oleh eks kiper Timnas Indonesia, Markus Horison.

Markus berharap kedepan tren itu bisa terputus. Ada lagi kiper jagoan Indonesia yang menjaga klub-klub di luar negeri dari kebobolan.

"Mudah-mudahan kiper Indonesia ada itu yang bisa keluar negeri. Belum ada kiper yang keluar, sekali-kali kiper dong yang main ke luar," harap Markus di kanal Youtube Hamka Story 23.

2 dari 3 halaman

Belum Bisa Susul Kurnia Sandy

Timnas Indonesia - Kurnia Sandy (Bola.com/Adreanus Titus)

Kiper terakhir asli Indonesia yang berkarier di luar negeri bisa dikatakan adalah Kurnia Sandy. Di dekade 1990 an, Kurnia sempat jadi bagian dari klub Serie A, Sampdoria.

Bakat Kurnia Sandy saat itu tercium Sampdoria lantaran ia memperkuat tim Primavera yang menjalani musim kompetisi penuh di Italia saat itu.

Namun, Sandy tak pernah masuk ke tim utama Sampdoria. Ia hanya memperkuat tim junior Il Samp dan beberapa kali mejalani sesi latihan di klub yang identik dengan warna biru itu.

Markus Horison sendiri dalam beberapa sesi wawancara sempat mendapatkan tawaran dari klub Oman. Namun, ia tak terlalu berani untuk menerima tawaran itu.

3 dari 3 halaman

Audero, Margono, Nugraha

Niat PSSI untuk melakukan naturalisai terhadap kiper andalan Sampdoria, Emil Audero Mulyadi agaknya akan sulit terwujud lantaran komentar sang ayah Edy Mulyadi. Ia menolak mentah-mentah dengan menyindir Timnas Indonesia yang masih kesulitan bersaing di Asia. (Juventus.com)

Saat ini ada tiga kiper keturunan Indonesia yang menjalani karier di luar negeri. Mereka adalah Emil Audero Mulyadi, Cyrus Margono, dan Ryu Nugraha.

Audero adalah kiper utama Sampdoria. Belakangan, ia disebut membuka diri untuk kemungkinan memperkuat Timnas Indonesia.

Kemudian ada Cyrus Margono yang memperkuat klub Yunani, Panathinaikos B. Jangan lupakan kiper muda Ryu Nugraha. Saat ini Ryu terdaftar sebagai kiper klub kasta ketiga Jepang, Nagano Parceiro.