Pratama Arhan Tak Sabar untuk Berlaga di Jepang: Salah Satu Negara dengan Liga Sepak Bola Terbaik di Asia

oleh Hery Kurniawan diperbarui 09 Mar 2022, 21:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong merespons positif kepindahan Pratama Arhan ke Liga Jepang. Dia percaya bahwa bek berusia 20 tahun itu dapat bersaing di Negeri Sakura dan menjadi contoh untuk sepak bola Indonesia. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Pratama Arhan sudah diresmikan sebagai pemain anyar Tokyo Verdy. Klub J2 League atau liga kasta kedua di Jepang itu memberikan kontrak selama dua tahun untuk Arhan.

Pratama Arhan mendapatkan nomor punggung 38 di klub tersebut. Ia diharapkan bisa jadi andalan di sisi kiri pertahanan Tokyo Verdy mulai musim ini.

Advertisement

Pratama Arhan terlihat tidak sabar untuk bisa bermain di Tokyo Verdy. Ia merasa Jepang memiliki liga dengan kualitas satu di antara yang terbaik di Asia.

Meski Tokyo Verdy kini hanya berlaga di kasta kedua, tapi kompetisi di negeri tersebut jauh lebih baik ketimbang kebanyakan liga kasta tertinggi di banyak negara Asia yang lain.

"Jepang memiliki satu di antara liga terbaik di Asia," ujar Pratama Arhan dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Instagram resminya, Rabu (9/3/2022) petang WIB.

 

2 dari 3 halaman

Belajar Sejarah Tokyo Verdy

Pratama Arhan tinggal menunggu waktu untuk bergabung dengan Tokyo Verdy. Mantan bek PSIS Semarang itu disebutkan telah mengantungi izin untuk masuk ke Negeri Sakura di tengah kabar pelarangan Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Jepang buntut dari varian Omicron. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Proses kepastian transfer Pratama Arhan dari PSIS Semarang menuju Tokyo Verdy cukup cepat. Menurut klaim dari pihak PSIS, mereka tidak mendapatkan biaya transfer apapun ketika melepas Arhan ke Verdy.

Ada satu sosok penting yang berperan dalam keberhasilan transfer ini, yakni agen dari Arhan bernama Dusan Bogdanovic.

Menurut Arhan, Bogdanovic adalah sosok pertama yang memberinya informasi soal kepastian kepindahannya ke Tokyo Verdy. Setelah mengetahui kepastian itu, Arhan langsung belajar soal sejarah klub tersebut.

"Waktu dikasih tahu sama agen saya (soal Tokyo Verdy), saya langsung mencari tahu soal Tokyo Verdy soal sejarahnya," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Motivasi Tinggi

Pratama Arhan saat berkunjung ke rumah Duta Besar Jepang untuk RI Kenji Kanasugi (Foto: Instagram/pratamaarhan8)

Pratama Arhan kini tengah ada dalam motivasi yang bagus. Ia sangat bersemangat untuk segera menjajal kerasnya kompetisi sepak bola di Jepang.

Pemain berusia 20 tahun itu tak mau motivasinya turun di masa depan. Ia pun punya cara sendiri untuk tetap menjaga motivasinya itu di level atas.

"Tanamkan pada diri sendiri, percaya diri, tanggung jawab terus kerja keras, disiplin dan jangan pantang menyerah seperti itu," tandas Arhan.

Berita Terkait