Kisah Perjuangan Ricky Kambuaya, Rela Sedikit Merasakan Libur demi Perkuat Timnas Indonesia

oleh Fitri Apriani diperbarui 30 Apr 2022, 05:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (tengah). (Roslan RAHMAN/AFP)

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung, Ricky Kambuaya tak punya banyak waktu untuk menikmati libur kompetisi. Sebab, gelandang berusia 25 tahun ini harus mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan.

TC Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2022 ini berlangsung di Negeri Ginseng pada pertengahan hingga akhir April 2022. Rencananya, Ricky Kambuaya dan kawan-kawan akan kembali ke Tanah Air pada Jumat (29/4).

Advertisement

Namun pada awal bulan depan, Ricky Kambuaya Cs akan bertolak ke Vietnam untuk tampil di SEA Games 2022. Rencananya, rombongan bakal berangkat ke sana antara tanggal 3 atau 4 Mei 2022.

Meski waktu liburnya harus dihabiskan bersama Skuad Garuda Muda, Ricky Kambuaya tak masalah. Sebab, ini demi kepentingan Indonesia.

"Klub di mana saya bekerja, Persib dan keluarga juga tidak masalah. Tentunya tidak menjadi masalah soal liburan karena ini panggilan negara," ujar Ricky Kambuaya, disadur dari laman klub, Kamis (28/4).

2 dari 2 halaman

Banyak Dukungan

Ricky Kambuaya (kanan). (Istimewa)

Gelandang asal Papua ini pun bersyukur karena banyak yang mendukungnya. Dukungan itu jadi energi buatnya untuk tampil lebih bagus di SEA Games 2022 bersama Timnas Indonesia U-23.

"Sejauh ini saya bersyukur karena tim, klub, dan keluarga mendukung saya untuk bela negara," tutur gelandang berusia 25 tahun ini. "Jadi soal liburan sebentar itu bukan masalah," imbuh Ricky Kambuaya.

SEA Games 2022 akan digelar di Vietnam pada 12-23 Mei 2022. Namun untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola sudah dimulai sejak 6 Mei 2022.

Di ajang olahraga multievent itu, Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup A. Lawan-lawannya yaitu tuan rumah, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Pada matchday pertama, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Vietnam. Duel tersebut bakal digelar di Viet Tri Stadium, Phu Tho, pada 6 Mei 2022.

Berita Terkait