Foto: 5 Pemain yang Berhasil Menyabet Gelar Sepatu Emas Sekaligus Assist Terbanyak dalam Sejarah Liga Inggris

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 30 Apr 2022, 18:07 WIB
Didier Drogba dianggap sebagai salah satu pemain Afrika terbaik di Liga Inggris. Ia didatangkan oleh Chelsea pada 2004 dari Marseille dan berkontribusi dalam menyabet gelar Liga Inggris meski banyak absen karena cedera perut. Pada musim berikutnya, ia berhasil menjadi pencetak assist terbanyak, yaitu 11 assist sekaligus mengantarkan The Blues mempertahankan gelar liga mereka. Drogba tercatat berhasil memperoleh penghargaan Sepatu Emas pada musim 2006/2007 usai menorehkan 20 gol di liga. (AFP/Ian Kington)
Harry Kane merupakan salah satu pemain terbaik Inggris sepanjang masa. Ia tercatat pernah menyabet penghargaan Sepatu Emas sebanyak tiga kali yaitu musim 2015/16, 2016/17, dan 2020/21. Pada musim terakhirnya, ia tak hanya menjadi top skor dengan melesatkan 23 gol namun juga menjadi pengumpan terbanyak dengan jumlah 14 assist. (AP/Matt Dunham)
Robin van Persie merupakan salah satu pemain yang berhasil menjadi top skor liga di dua klub yang berbeda. Saat berseragam Arsenal, ia berhasil mencetak 30 gol yang membuatnya memenangkan Sepatu Emas, Pemain Terbaik PFA, dan Penghargaan Pemain Terbaik FWA pada musim 2011/12. Ia juga mampu melesatkan 11 assist sebelum dirinya berubah posisi sebagai striker murni bersama The Gunners. Sementara itu, gelar Sepatu Emas pertama lainnya ia rengkuh saat bermain di Manchester United dengan menorehkan 26 gol. (AFP/Ian Kington)
Thierry Henry dianggap sebagai salah satu striker terhebat sepanjang masa dalam sejarah Liga Inggris. Ia berhasil menyabet penghargaan Sepatu Emas sebanyak empat kali. Gelar pertamanya direngkuh pada musim 2001/02 dengan torehan 23 gol. Pada musim selanjutnya, torehannya kalah dari Ruud van Nistelrooy, namun berhasil menjadi pengumpan terbanyak dengan 20 assistnya. Henry mendapatkan tiga penghargaan Sepatu Emas lainnya pada musim 2003/04 hingga 2005/06. (AFP/Ian Kington)
Andy Cole telah mengoleksi 187 gol bersama Manchester United, Manchester City, Portsmouth, Blackburn Rovers, dan Fulham. Ia juga mampu menorehkan catatan yang tak kalah gemilang saat musim pertamanya di Liga Inggris. Cole menjadi pemain pertama yang finis dengan jumlah gol dan assist terbanyak di musim yang sama, yaitu 34 gol dan 13 assist saat bermain untuk Newcastle United. Atas prestasinya tersebut, ia kemudian dianugerahi penghargaan Sepatu Emas dan Pemain Muda PFA Terbaik. (AFP/PA/Owen Humphreys)

Berita Terkait