Klasemen Sementara Medali SEA Games 2021, Senin 16 Mei 2022: Indonesia Terdampar di Posisi 5

oleh Hendry Wibowo diperbarui 16 Mei 2022, 22:30 WIB
Rifda Irfanaluthfi. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Jakarta - Posisi kontingen Indonesia pada klasemen perolehan medali SEA Games 2021 Vietnam harus turun. Untuk sementara tim Merah-putih berada di urutan kelima berdasarkan data hingga Senin (16/5/2022) malam WIB.

Untuk diketahui, skuad Merah Putih sempat naik ke posisi ketiga pada Senin siang WIB. Namun tambahan medali dari Filipina dan Singapura membuat posisi Indonesia turun saat malam hari.

Advertisement

Kini Indonesia mengumpulkan 23 medali emas, 36 perak, dan 27 perunggu. Alhasil ada selisih satu medali emas dari Singapura yang berada di posisi keempat. Sementara Filipina di posisi ketiga unggul enam medali emas dari kontingen Indonesia.

2 dari 5 halaman

Emas Balap Sepeda

Zainal Fanani dan Ihza Muhammad berhasil menyumbang emas dan perak pada nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra pada SEA Games 2021. (Nick Hanoatubun/PB ISSI)

Indonesia memang hanya menambah dua medali emas pada periode Senin siang sampai malam hari WIB. 

Emas pertama datang dari balap sepeda. Zainal Fanani dan Ihza Muhammad berhasil menyumbang emas dan perak pada nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra.

Tampil di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, Senin (16/5/2022), Zaenal Fanani menjadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 1 jam 16,41 menit.

Sementara Ihza Muhammad finis di urutan kedua setelah melibas empat lap trek sejauh 5,2 KM (total 20,8 KM) dengan catatan waktu 1 jam 19,14 menit atau terpaut 2 menit 33 detik dari Fanani.

3 dari 5 halaman

Emas Kedua Rifda

Pesenam andalan Indonesia yakni Rifda Irfanaluthfi tampil menjanjikan di nomor yang sama. Rifda berhasil meraih medali emas senam artistik untuk nomor all-around (semua alat) setelah menjadi yang terbaik pada SEA Games Vietnam. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Emas kedua dipersembahkan Pesenam andalan Indonesia yakni Rifda Irfanaluthfi. Di arena senam artistik, Rifda Irfanaluthfi dan Sasiwimon Mueangphuan asal Thailand menjadi peraih emas bersama di nomor senam lantai karena nilai tetap berimbang setelah tie break.

Raihan ini menyempurnakan penampilannya di SEA Games. Dua hari lalu, Rifda turun di nomor all around dan juga meraih medali emas. 

4 dari 5 halaman

Klasemen Medali

5 dari 5 halaman