Foto: Oliver Glasner dan 5 Pelatih Terakhir yang Sukses Menyabet Gelar Juara Liga Europa

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 20 Mei 2022, 19:07 WIB
Oliver Glasner sukses membawa Eintracht Frankfurt menjuarai Liga Europa 2021/2022. Gelar tersebut merupakan trofi pertama yang berhasil ia bersembahkan untuk Die Alder. Hebatnya lagi, pelatih asal Australia tersebut berhasil juara dengan status tak terkalahkan. (AFP/Cristina Quicler)
Unai Emery merupakan pelatih tersukses di ajang Liga Europa. Pelatih asal Spanyol itu telah mengoleksi empat trofi Liga Europa, yaitu tiga kali bersama Sevilla dan satu kali bersama Villarreal pada musim 2020/2021. Emery sukses menyabet gelar juara usai anak asuhnya berhasil mengalahkan Manchester United di partai final. (AFP/Pool/Maja Hitij)
Julen Lopetegui berhasil meneruskan tren kesuksesan Sevilla di Liga Europa. Ia berhasil membawa Los Nervionenses sebagai juara di ajang tersebut saat musim perdananya, yaitu 2019/2020. Sevilla berhasil menjuarai gelar Liga Europa usai meraih kemenangan dari Inter Milan dengan skor 3-2. Gelar juara tersebut menjadi gelar keenam klub yang bermarkas di Stadion Ramón Sánchez Pizjuán tersebut. (AFP/Pool/Friedmann Vogel)
Chelsea menunjuk Maurizio Sarri sebagai juru taktiknya pada musim 2018/2019. Pada musim pertamanya, ia sukses membawa The Blues tampil apik di kancah Eropa. Pelatih asal Italia ini berhasil merengkuh trofi Liga Europa usai mengalahkan rival sekota, Arsenal dengan skor 4-1 di partai final. (AFP/Kirill Kurdryatsev)
Diego Simeone telah memenangkan trofi Liga Europa sebanyak dua kali selama satu dekade kepemimpinannya di Atletico Madrid, yaitu pada musim 2011/2012 dan 2017/2018. Gelar juara terakhir, ia rengkuh usai mengalahkan Marseille dengan skor 0-3 pada partai final. (AFP/Franck Fife)
Jose Mourinho berhasil memenangkan gelar juara Liga Europa pada musim 2016/2017 saat menjadi pelatih Manchester United. Selama tiga musim di Old Trafford, pelatih asal Portugal tersebut juga berhasil menyabet trofi Piala Liga dan Community Shield. Hingga kini, Mourinho menjadi pelatih terakhir yang mampu meraih trofi bersama Manchester United. (AFP/Odd Andersen)

Berita Terkait