Dear Shin Tae-yong, Andritany Ardhiyasa Masih Ingin Bela Timnas Indonesia Tuh!

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 26 Mei 2022, 19:45 WIB
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, saat melawan Thailand pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Sawangan - Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, mengaku masih punya keinginan untuk membela Timnas Indonesia pada masa depan. Andritany siap memberikan yang terbaik di Persija agar kesempatan itu datang lagi.

Andritany Ardhiyasa belum pernah membela Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Kiper 30 tahun itu hanya pernah mengikuti pemusatan latihan, namun tak dipilih.

Advertisement

"Jujur, pasti masih ada hasrat itu. Akan tetapi, semua berawal dari klub. Ketika saya bagus di klub, pasti Timnas tidak akan tutup mata," kata Andritany Ardhiyasa.

"Semua pemain pasti seperti itu. Ketika pemain bagus di klub, pasti semua juga punya kesempatan yang sama untuk masuk Timnas," tegas kiper yang akrab disapa Bagol itu.

Andritany Ardhiyasa belum lagi memperkuat Timnas Indonesia sejak Oktober 2019. Sejauh ini, Andritany sudah mengemas 18 caps untuk skuad Garuda.

2 dari 4 halaman

Persaingan Ketat

Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa gagal mengantisipasi bola dari Timnas Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Tekad Andritany Ardhiyasa untuk kembali ke Timnas Indonesia bakal mendapatkan tantangan berat. Tak hanya dari pemain seumuran, namun tantangan juga datang dari pemain muda.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong memang lebih suka menggunakan kiper muda di Timnas Indonesia. Sebut saja Ernando Ari, Adi Satryo, hingga Nadeo Argawinata.

Meski demikian, peluang Andritany untuk kembali ke Timnas Indonesia tetap terbuka lebar. Shin Tae-yong adalah pelatih yang obyektif dalam memberikan kesempatan pada pemain.

3 dari 4 halaman

Tak Masuk

Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, menjatuhkan gelandang Thailand, Supachok Sarachat pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia kalah 0-3 dari Thailand. (AFP/Vitalis Yogi Trisna)

Andritany Ardhiyasa tak masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan Bangladesh (1/6/2022). Pelatih Shin Tae-yong memanggil empat kiper untuk laga tersebut.

Mereka adalah Nadeo Argawinata (Bali United), Syahrul Fadil (Persikabo 1973), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), dan Adi Satryo (Persik Kediri). Laga ini memang disiapkan untuk persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia 2023.

Keempat kiper tersebut harus memberikan penampilan terbaik bila dipercaya bermain. Bila tidak, besar kemungkinan tak akan dipanggil lagi saat event yang berlangsung pertengahan Juni 2022 itu.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain

Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (AFP/Roslan RAHMAN).
  • Kiper: Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna, Ernando Ari, Muhammad Adisatryo.
  • Bek: Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Rizky Dwi, Ilham Rio, Edo Febriansah, Fachruddin Aryanto, Koko Ari, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga.
  • Gelandang: Evan Dimas, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Stefano Lilipaly, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Marc Klok.
  • Penyerang: Muhammad Rafli, Dimas Drajad, Irfan Jauhari, Saddil Ramdani, Irfan Jaya, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Terens Puhiri.

Berita Terkait