6 Pemain Timnas Indonesia Paling Menakjubkan saat Bungkam Kuwait: Rachmat Irianto Ada di Mana-mana

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 09 Jun 2022, 09:25 WIB
Rachmat Irianto (nomor 13) berhasil mencetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Kuwait pada laga pertama Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (8/6/2022) malam WIB. Berkat gol Irianto, Indonesia menang 2-1. (dok. PSSI)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia membuat kejutan apik saat laga Kualifikasi Piala Asia 2023. Di luar dugaan, Skuad Garuda berhasil melibas Kuwait 2-1. 

Beberapa pemain menunjukkan kiprah menakjubkan pada laga tersebut. Satu di antaranya adalah Rachmat Irianto.  

Advertisement

Duel Kuwait vs Timnas Indonesia dimainkan pada Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dimainkan di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (8/6/2022) malam WIB. Walau yang dihadapi adalah tuan rumah, Indonesia mampu menang.

Indonesia tertinggal pada menit ke-44 ketika Yousef Alsulaiman membobol gawang Nadeo Argawinata lewat sundulan. Tapi, Skuad Garuda mampu membalas lewat penalti Marck Klok dan aksi Rachmat Irianto.

Indonesia bermain terbuka dan melepas 12 shots sepanjang laga. Tapi, hanya dua yang tepat sasaran. Pada aspek ball possession, Indonesia memang hanya punya 44 persen. Tapi, akurasi umpan pasukan Shin Tae-yong sangat bagus yakni 85 persen.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang menunjukkan performa terbaik pada laga melawan Kuwait? Simak selengkapnya di bawah ini ya.

 

2 dari 7 halaman

1. Rachmat Irianto

Persebaya Surabaya - Rachmat Irianto Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Irianto layak mendapat gelar Man of the Match laga Kuwait vs Indonesia. Pemain baru Persib Bandung itu tampil sangat impresif. Irianto terlibat dalam dua gol yang dicetak Indonesia.

Irianto dilanggar Hussain Kankone dan membuat Indonesia mendapat penalti. Lalu, Irianto mencetak gol pada awal babak kedua. Irianto beberapa kali terlibat momen penting, baik saat menyerang atau bertahan.

Menariknya, Irianto tidak bermain pada posisi aslinya. Irianto bermain untuk peran wingback kanan. Irianto seperti bisa bermain di mana-mana dan untuk peran apa saja. Irianto mendapat nilai 7,24 dari LapangBola atas aksinya melawan Kuwait.

 

3 dari 7 halaman

2. Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata. (affsuzukicup)

Nadeo memang tidak bisa berbuat banyak pada gol Yousef Nasser. Tapi, situasinya pada momen itu cukup sulit. Setelah dan sebelum kebobolan, Nadeo bermain sangat solid dan jadi pemain kunci Indonesia.

Nadeo melakukan lima penyelamatan sepanjang laga. Nadeo membuat para bek Indonesia bisa lebih tenang dan dia melakukan koordinasi dengan baik. Salah satu penyelamatan impresif Nadeo adalah saat menepis sepakan jarak jauh Nasser pada menit ke-61.

Nadeo, dengan aksi gemilangnya, mendapat nilai 6,88 dari LapangBola.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Rizky Ridho

Pemain Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho saat pertandingan melawan Timor Leste dalam laga kedua fase Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Rizky Ridho membuat sapuan penting pada awal babak kedua dari crossing Bader Al-mutawa. Setelah itu Rizky Ridho menjadi pemain yang sangat sulit dilewati pemain Kuwait, termasuk dari bola-bola crossing.

Rizky Ridho adalah pemain yang paling sering melakukan sapuan, sembilan kali!

Rizky Ridho melepaskan 53 kali umpan sukses sepanjang laga. Paling banyak dibanding pemain Indonesia lain. Dia hanya kalah dari Fahed Al-Ansari yang melepas 55 umpan sukses. Rizky Ridho bermain bagus dan mendapat nilai 6.96 dari LapangBola.

 

TERKAIT: Man of the Match Kuwait vs Timnas Indonesia: Rachmat IriantoTERKAIT: Kata Iwan Bule Setelah Timnas Indonesia Bungkam Tuan Rumah Kuwait 2-14 dari 7 halamanMarc Klok

Selebrasi Marc Klok usai mencetak gol di laga Kuwait vs Timnas Indonesia, Kualifikasi Piala Asia 2023 (c) PSSIMarc Klok memainkan peran vital di lini tengah. Klok membuat Kambuaya lebih leluasa menyerang. Tapi, bukan berarti tugas Klok hanya bertahan. Klok jadi pemain paling sering melakukan intersep, 8 kali.

Klok juga membantu serangan dengan sangat bagus. Pada menit ke-17, Klok melepaskan tendangan jarak jauh. Ini adalah peluang berbahaya pertama Indonesia. Klok melakukan aksi yang hampir sama pada menit ke-38. Tapi, keduanya belum menjadi gol.

Klok akhirnya mencetak gol penting pada menit ke-44. Eksekusi penalti Klok mengarah dengan baik dan mengecoh Hussain Kankone. Klok membuat skor menjadi 1-1. LapangBola memberi nilai 6,96 untuk aksi Klok.

TERKAIT: 5 Pelajaran Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait: Fisik Belum Optimal, Hasil Sudah Luar Biasa!TERKAIT: Timnas Indonesia Kalahkan Kuwait, Netizen: Irianto Rasa Valverde, Harusnya Skor Bisa Lebih!5 dari 7 halamanFachrudin Aryanto

Duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho saat bermain di SEA Games 2021 (c) Ikhwan YanuarFachrudin lengah pada proses gol Kuwait. Dia tidak cermat menjaga Yousef Nasser. Tapi, gol ini bukan mutlak kesalahan Fachrudin. Selebihnya, Fachrudin bermain cukup solid pada duel lawan Kuwait.

Fachrudin melepas umpan jauh yang sangat bagus pada awal babak kedua. Umpan itu mengawali terjadinya gol Irianto. Selain itu, sebagai kapten, Fachrudin juga sangat tenang di atas lapangan.

LapangBola memberikan nilai 6,9 untuk aksi Fachrudin.6 dari 7 halamanElkan Baggott

Elkan Baggott saat latihan bersama Timnas Indonesia di Lapangan Stadion Madya, Rabu (10/11/2021) (c) Liputan6.com/Helmi FithriansyahBaggott melengkapi trio bek tengah yang tampil sangat bagus pada duel lawan Kuwait. Pemain 19 tahun itu sangat kuat dalam duel udara dan mampu mengantisipasi keunggulan para pemain Kuwait.

Baggott juga banyak membantu Timnas Indonesia menyerang, terutama saat eksekusi bola mati. Baggott juga cukup bagus dalam melakukan build-up dengan catatan 30 umpan yang dilepaskan.

LapangBola memberikan nilai 6,62 untuk aksi Baggott.7 dari 7 halamanHasil dan Klasemen Grup AHasil pertandingan:

Kuwait 1 - 2 Timnas Indonesia (Yousef Nasser 41'; Marc Klok 44', Rachmat Irianto 46')Yordania 2 - 0 Nepal (Ali Olwan 69', Hamza Al-Dardour 82')

5 dari 7 halaman

4. Marc Klok

Pemain Timnas Indonesia U-23, Marc Klok saat pertandingan melawan Timor Leste dalam laga kedua fase Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Marc Klok memainkan peran vital di lini tengah. Klok membuat Kambuaya lebih leluasa menyerang. Tapi, bukan berarti tugas Klok hanya bertahan. Klok jadi pemain paling sering melakukan intersep, 8 kali.

Klok juga membantu serangan dengan sangat bagus. Pada menit ke-17, Klok melepaskan tendangan jarak jauh. Ini adalah peluang berbahaya pertama Indonesia. Klok melakukan aksi yang hampir sama pada menit ke-38. Tapi, keduanya belum menjadi gol.

Klok akhirnya mencetak gol penting pada menit ke-44. Eksekusi penalti Klok mengarah dengan baik dan mengecoh Hussain Kankone. Klok membuat skor menjadi 1-1. LapangBola memberi nilai 6,96 untuk aksi Klok.

 

6 dari 7 halaman

5. Fachrudin Aryanto

Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, berbicara jelang pertandingan uji coba internasional kontra Bangladesh yang bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB.

Fachrudin lengah pada proses gol Kuwait. Dia tidak cermat menjaga Yousef Nasser. Tapi, gol ini bukan mutlak kesalahan Fachrudin. Selebihnya, Fachrudin bermain cukup solid pada duel lawan Kuwait.

Fachrudin melepas umpan jauh yang sangat bagus pada awal babak kedua. Umpan itu mengawali terjadinya gol Irianto. Selain itu, sebagai kapten, Fachrudin juga sangat tenang di atas lapangan.

LapangBola memberikan nilai 6,9 untuk aksi Fachrudin.

 

7 dari 7 halaman

6. Elkan Baggott

Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggot. (Muhammad Adiyaksa/Bola.com)

Baggott melengkapi trio bek tengah yang tampil sangat bagus pada duel lawan Kuwait. Pemain 19 tahun itu sangat kuat dalam duel udara dan mampu mengantisipasi keunggulan para pemain Kuwait.

Baggott juga banyak membantu Timnas Indonesia menyerang, terutama saat eksekusi bola mati. Baggott juga cukup bagus dalam melakukan build-up dengan catatan 30 umpan yang dilepaskan.

LapangBola memberikan nilai 6,62 untuk aksi Baggott. 

Sumber: LapangBola

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 9/6/2022)

Berita Terkait