Klub-klub Luar Negeri Ikut Rayakan Keberhasilan Timnas Indonesia Tembus Piala Asia 2023

oleh Aryo Atmaja diperbarui 17 Jun 2022, 06:45 WIB
Kolase - Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Asia 2023 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil merebut tiket tampil di putaran final Piala Asia 2023, setelah menang telak 7-0 atas Nepal pada laga terakhir fase grup Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Tujuh gol Timnas Indonesia dicetak oleh Muhammad Dimas Drajad (6'), Witan Sulaeman (43' dan 81'), Fachruddin W. Aryanto (54'), Saddil Ramdani (55'), Elkan Baggott (80'), dan Marselino Ferdinan (90').

Advertisement

Skuad Garuda lolos dengan titel runner-up kedua terbaik. Di dua laga sebelumnya, skuad Garuda mengalahkan Kuwait, dan kalah tipis dari Jordania (1-0).

2 dari 6 halaman

Ikut Dirayakan Klub Pemain

Asnawi Mangkualam diperkenalkan oleh Ansan Greeners FC pada Kamis (18/2/2021). (Dokumentasi Ansan Greeners FC).

Keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia 2023 tak hanya dirayakan oleh masyarakat di Tanah Air. Klub-klub luar negeri yang menjadi tempat bermain beberapa pemain Timnas Indonesia pun melakukan hal serupa.

Mereka memberikan apresiasi dan selamat kepada pemain mereka yang terlibat di Timnas Indonesia. Juga tentu saja kepada Timnas Indonesia dan PSSI yang akhirnya bisa kembali lagi berlaga di Asia setelah terakhir kali di tahun 2007.

Timnas Indonesia diketahui lolos ke Piala Asia 2023 sebagai salah satu runner-up terbaik. Mereka menempati posisi dua dalam daftar itu. Hanya kalah satu poin dari Kyrgyzstan yang ada di posisi puncak

3 dari 6 halaman

Antusias

Elkan Baggott berhasil membantu Ipswich Town U-23 menjuarai Professional Development League South 2021/2022 dengan meraih 51 poin dari 24 laga. (dok. Ipswich Town)

Dari pantauan Bola.com, paling tidak ada tiga klub luar negeri yang turut memberikan selamat terhadap keberhasilan Timnas Indonesia yang lolos ke Piala Asia 2023.

Ada klub yang diperkuat Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners. Lalu ada Ipswich Town yang diperkuat Elkan Baggott, dan Tokyo Verdy yang merupakan klub dari Pratama Arhan.

Lechia Gdansk yang merupakan klub Witan Sulaeman tidak memberi ucapan. Sementara FK Senica yang pernah diperkuat Witan dan Egy Maulana Vikri sudah tidak aktif di media sosial sejak Maret 2022 lalu.

4 dari 6 halaman

Ipswich Town

"Elkan Baggott dan Indonesia lolos ke Piala Asia untuk pertama kali sejak 2007. Selamat Elkan Baggot dan PSSI," tulis Ipswich di Akun Twitter resmi mereka.

 

5 dari 6 halaman

Ansan Greeners

"Timnas Indonesia mengalahkan Nepal 7-0 di laga ke-3 Grup A babak kualifikasi, dan dipastikan lolos ke putaran final 'Piala Asia AFC 2023'! Selamat," tulis Ansan di akun Instagram resmi mereka disertai unggahan foto Asnawi Mangkualam.

 

6 dari 6 halaman

Tokyo Verdy

"Tujuh gol tanpa balas menjadi hasil akhir laga kontra Nepal. Selamat Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia 2023," tulis Verdy.

Berita Terkait