Foto: 4 Kiper yang Mampu Meloloskan Negaranya ke Putaran Final Piala Dunia dengan Penyelamatan dari Titik Penalti

oleh Hendriyan diperbarui 20 Jun 2022, 18:47 WIB
Kecekatan seorang kiper atau penjaga gawang dalam menepis tendangan penalti tak bisa dipungkiri menjadi daya tarik tersendiri baik di level klub maupun timnas. Aksi-aksi spektakuler mereka di level timnas dapat berbuah raihan trofi maupun kelolosan ke sebuah ajang besar seperti Piala Dunia. Seperti 4 kiper berikut yang dengan penyelamatan penaltinya mampu meloloskan negaranya ke putaran final Piala Dunia. (AFP/Alberto Pizzoli)
Mark Schwarzer. Eks kiper Timnas Australia yang pensiun pada Juli 2016 bersama Leicester City ini berhasil meloloskan Australia yang saat itu masih bernaung di bawah konfederasi Oseania (OFC) ke Piala Dunia 2006 Jerman usai menyingkirkan Uruguay di play-off antar-benua. Setelah kalah 0-1 di leg pertama saat bermain di Uruguay (12/11/2005), Australia berhasil menyingkirkan Uruguay 4-2 di leg kedua (16/11/2005) via adu penalti setelah skor 1-0 bertahan hingga waktu normal usai. Mark Schwarzer menggagalkan dua eksekusi penalti dari Dario Rodriguez dan Marcelo Zalayeta. (AFP/Valery Hache)
Yann Sommer. Kiper Swiss milik Borussia Monchengladbach ini mampu mengantar negaranya lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah menjadi pemuncak Grup C kualifikasi Zona Eropa. Swiss berhasil memaksa Italia menjadi runner-up dan akhirnya gagal lolos usai kalah dari Makedonia Utara di babak play-off. Dalam dua kali menghadapi Italia di fase grup, Swiss berhasil menahan imbang Italia dalam dua laga tersebut dengan skor 0-0 saat menjadi tuan rumah (5/9/2021) dan 1-1 saat dijamu Italia (12/11/2021). Yann Sommer menjadi pahlawan dalam dua laga tersebut dengan menggagalkan masing-masing satu eksekusi penalti dari penendang yang sama, yaitu Jorginho. (AFP/Alberto Pizzoli)
Edouard Mendy. Kiper Senegal milik Chelsea ini mampu mengantar negaranya lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar usai menyingkirkan Mesir di babak lanjutan kualifikasi zona Afrika. Setelah kalah 0-1 di leg pertama saat bermain di Mesir (25/3/2022), Senegal berhasil menyingkirkan Mesir 3-1 di leg kedua (16/11/2005) via adu penalti setelah skor 1-0 bertahan hingga waktu normal usai. Edouard Mendy berhasil menggagalkan eksekusi ke-4 Mesir yang dilakukan oleh Mostafa Mohamed dan Sadio Mane sebagai eksekutor ke-5 Senegal berhasil membobol gawang Mesir. (AFP/Charly Triballeau)
Andrew Redmayne. Kiper Australia milik Sydney FC ini mampu mengantar negaranya lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar usai menyingkirkan Peru di babak play-off antar-benua. Dalam laga satu leg yang digelar di Qatar (13/6/2022), Austraia berhasil menyingkirkan Peru 5-4 via adu penalti setelah skor 0-0 bertahan hingga waktu normal usai. Andrew Redmayne yang sengaja dimasukkan pada menit akhir perpanjangan waktu menggantikan Mathew Ryan untuk menghadapi adu penalti berhasil menggagalkan eksekusi ke-5 Peru yang dilakukan oleh Alex Valera. (AFP/Mustafa Abumunes)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait