Liga Inggris: Erik ten Hag Tuntut Donny van de Beek Buktikan Kemampuan di MU

oleh Rizki Hidayat diperbarui 22 Jul 2022, 11:15 WIB
Donny van de Beek. Gelandang Belanda ini menghuni Ajax Amsterdam selama 5 musim, mulai 2015/2016 hingga 2019/2020. Total tampil dalam 175 laga dengan mencetak 41 gol. Mulai musim ini memperkuat Manchester United dan baru mencetak 1 gol dari 31 laga. (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Melbourne - Manajer Manchester United, Erik ten Hag, tak menutup peluang memainkan Donny van de Beek sejak menit awal. Namun, Ten Hag menuntut Van de Beek untuk membuktikan kemampuan demi menghuni tim inti MU.

Gelandang Timnas Belanda tersebut bergabung dengan Tim Setan Merah pada 30 Agustus 2022. Donny van de Beek ditebus Manchester United dari Ajax Amsterdam dengan banderol 35 juta poundsterling, plus biaya tambahan 5 juta poundsterling.

Advertisement

Diharapkan jadi kreator serangan MU, Van de Beek justru kesulitan memperlihatkan performa terbaiknya. Pada musim 2020/2021. Dia hanya tampil dalam 36 laga, mencetak satu gol dan dua assist.

Adapun pada musim lalu. Donny van de Beek mendulang satu gol dari 14 laga bersama Manchester United. Minim kontribusi, dia akhirnya dipinjamkan ke Everton pada Januari 2022.

 

2 dari 5 halaman

Reuni dengan Erik ten Hag

Pemain Manchester United, Donny van de Beek, membawa bola usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (19/9/2020). Setan Merah takluk dengan skor 1-3. (Richard Heathcote/Pool via AP)

Memasuki musim ini, kans Donny van de Beek untuk memperlihatkan permainan terbaiknya bersama Manchester United terbuka lebar. Pasalnya, dia bakal reuni dengan mantan pelatihnya di Ajax Amsterdam, Erik ten Hag.

Berada di bawah asuhan Ten Hag dari 2017 sampai 2020, pemain berusia 25 tahun tersebut tampil impresif. Dia sukses mencetak 32 gol dan 29 assist dari 110 pertandingan di seluruh ajang.

Dia juga merasakan tiga gelar juara ketika diasuh Erik ten Hag di Ajax, yakni trofi Eredivisie Belanda, KNVB Cup, dan Johan Cruyff Shield.

 

3 dari 5 halaman

Tuntut Buktikan Diri

Donny van de Beek - Gelandang Manchester United pernah mengemban tugas sebagai anak gawang saat menjalani pendidikan sepak bola di Ajax Amsterdam. Van de Beek kecil yang saat itu sempat berfoto dengan Luis Suarez yang merupakan salah satu pemain idolanya. (AFP/Martin Rickett/Pool)

Meski begitu, Donny van de Beek tak begitu saja mudah mendapatkan tempat di tim inti Manchester United. Dia harus membuktikan diri benar-benar layak menjadi andalan di lini tengah MU.

"Itu sama untuk setiap pemain, dan dia harus melakukannya sendiri. Saya sebagai manajer dan staf pelatih di sekitarnya dapat melakukan segalanya untuk mengatur kondisi yang tepat sehingga dia bisa tampil oke," kata Ten Hag.

"Tetapi pada akhirnya, pemain harus melakukannya sendiri. Mereka harus bertanggung jawab atas kinerja mereka. Donny memiliki kemampuan. Saya telah melihatnya, tetapi dia harus membuktikannya sendiri," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Pramusim MU

Manchester United - Ilustrasi Logo Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

12 Juli

Manchester United 4-0 Liverpool

Rajamangala Stadium, Bangkok

15 Juli

Manchester United 4-1 Melbourne Victory

Melbourne Cricket Ground, Melbourne

19 Juli

Manchester United 3-1 Crystal Palace

Melbourne Cricket Ground, Melbourne

23 Juli

Manchester United vs Aston Villa

Optus Stadium, Perth

30 Juli

Manchester United vs Atletico Madrid

Ullevaal Stadium, Oslo

31 Juli

Manchester United vs Rayo Vallecano

Old Trafford, Manchester

Sumber: Sportsmole

5 dari 5 halaman

Simak Daftar Klub Peserta Premier League 2022/2023