Liga Inggris: Martin Odegaard, Si Nakhoda Kapal Arsenal

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 30 Jul 2022, 22:17 WIB
Martin Odegaard (Arsenal) - Tampil gemilang bersama Real Sociedad membuatnya ditarik kembali ke Santiago Bernabeu. Namun karena sulitnya menembus tim inti di Real Madrid akhirnya ia kembali dipinjamkan dan kali ini Odegaard hijrah ke Arsenal. (Julian Finney/Pool/AFP)

Bola.com, London - Arsenal telah menunjuk Martin Odegaard sebagai kapten. Odegaard menggantikan peran yang sebelumnya diemban oleh Alexandre Lacazzette.

 

Advertisement

"Martin Odegaard punya banyak kualitas yang kami inginkan sebagai kapten," kata manajer Arsenal, Mikel Arteta.

Lacazette sempat menjadi kapten Arsenal setelah kepergian Pierre-Emerick Aubameyang. Namun ban kapten tidak lama melingkar di lengan Lacazette.

Lacazette meninggalkan Arsenal pada bursa transfer musim panas ini. Dia akhirnya kembali ke Lyon setelah kontraknya bersama The Gunners habis.

Setelah kepergian Lacazette, Arsenal tentu haru memilih kapten tim yang baru. Kini, jabatan tersebut akan diemban oleh Martin Odegaard.

2 dari 5 halaman

Pengalaman

Martin Odegaard merupakan pemain pinjaman Arsenal dari Real Madrid yang saat ini telah direkrut secara resmi menuju Emirates. The Gunners harus merogoh kocek 35 juta euro untuk mendatangkan gelandang 22 tahun tersebut. (Foto: AFP/Pool/Shaun Botterill)

Odegaard membela Arsenal sejak Januari 2021. Gelandang asal Norwegia tersebut awalnya datang ke Emirates Stadium dengan status pinjaman.

Pemain berusia 23 tahun telah membuat dampak besar sejak tiba di Arsenal. Odegaard telah bermain 60 kali dan mencetak sembilan gol.

Di samping itu, Odegaard juga memiliki pengalaman mengenakan ban kapten. Dia telah menjadi kapten timnas Norwegia sejak Maret 2021, dengan koleksi 43 caps untuk negaranya.

3 dari 5 halaman

Komentar Odegaard

Pemain Arsenal Martin Odegaard, kiri, pemain Arsenal Ben White, menyundul bola di bawah tekanan dari pemain Chelsea Romelu Lukaku selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Chelsea dan Arsenal di Stamford Bridge di London, Rabu, 20 April 2022. (AP

Odegaard sebenarnya tak mementingkan jabatan apapun di tim. Ia mementingkan kemenangan Arsenal dalam setiap laga.

Tapi, dia siap bertanggung jawab.

"Kapten bukan sesuatu yang saya pikirkan. Saya memikirkan masa depan, dan membuatnya sebaik mungkin. Jadi kita lihat saja apa yang terjadi. Saya selalu menikmati tanggung jawab," buka Odegaard.

4 dari 5 halaman

Enjoy

Pemain Arsenal Martin Odegaard (kiri), berduel memperebutkan bola dengan pemain Brighton Danny Welbeck dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, Sabtu (9/4/2022) malam WIB. (AP Photo/Ian Walton)

Dia juga akan menikmati apapun tugas yang diberikan Arsenal.

"Saya kapten untuk negara saya dan ini pengalaman yang menyenangkan. Jadi saya menikmatinya."

"Saya tidak tahu apa-apa tentang situasi di sini. Saya pikir pertanyaan itu untuk Mikel Arteta dan klub, tapi jika dia bertanya kepada saya. Tentu saja saya akan senang hati melakukannya," tegasnya.

 

Bola.net (Aga Deta/Asad Arifin, 30/7/2022)

5 dari 5 halaman

Siap-siap Menyambut Musim Baru

Berita Terkait