Jelang Liga Inggris : Agar Fulham Tak Melempem Seperti MU Musim Lalu

oleh Choki Sihotang diperbarui 05 Agu 2022, 20:15 WIB
Bursa transfer pemain di musim panas 2022/2023 terus bergerak di Liga Inggris. Kiper Arsenal, Bernd Leno baru saja menjadi aktor atas kepindahannya ke sesama klub Inggris yang baru saja promosi ke Premier League, Fulham. Termasuk Bernd Leno, tercatat ada 5 pemain terakhir yang pernah memperkuat Arsenal dan Fulham di Liga Inggris. Berikut daftar kelima pemain tersebut. (fulhamfc.com)

Bola.com, Jakarta - Ada saat datang, ada pula saatnya untuk pergi. Di sebuah klub, pemain datang lalu pergi itu sesuatu yang jamak. Yang datang diharapkan bisa lebih mendongkrak performa tim, sementara yang pergi diharapkan bisa lebih moncer di klub yang baru.

Seperti klub-klub lain, hal serupa terjadi juga di Fulham. Musim ini, Fulham kembali meramaikan Premier League 2022/2023.

Advertisement

 

2 dari 6 halaman

Beli Pemain

Naik ke kasta tertinggi, The Cottagers merekrut sejumlah pilar anyar seperti Joao Palhinha, Andreas Pereira, Kevin Mbabu, Manor Solomon, dan Bernd Leno. Demi mendapatkan pemain-pemain tersebut, Fulham harus merogoh kocek dalam.

Leno misalnya, diboyong dari Arsenal dengan harga 4 juta euro atau setara Rp62 miliar. Kedatangan Leno dkk akan memberikan kontribusi besar bagi armada Marco Silva.

 

3 dari 6 halaman

Pelajaran Berharga

Junichi Inamoto. Gelandang Jepang berusia 42 tahun yang sejak Januari 2022 membela Nankatsu SC ini terlebih dahulu membela Arsenal selama 1 musim pada 2001/2002 sebagai pinjaman dari Gamba Osaka dan hanya tampil dalam 4 laga. Sementara Fulham dibelanya selama 2 musim mulai 2002/2003 hingga 2003/2004 juga berstatus pinjaman dari Gamba Osaka. Bersama Fulham ia total tampil dalam 58 laga di semua ajang dengan torehan 9 gol dan 1 assist. (AFP/Adrian Dennis)

Pada musim 2018/2019 lalu, Fulham juga jor-joran. Mereka total menghabiskan lebih dari 100 juta pounds untuk rekrutan baru, melebihi Manchester United dan Manchester City. Namun semuanya berakhir sia-sia.

Bukannya kian tangguh, Fulham malah degradasi. Fans berharap, kejadian menyakitkan itu tak terjadi musim ini.

Di bawah ini ada tiga pemain rekrutan anyar Fulham di musim 2018/2019, seperti kami kutip dari squawka. Data di bawah ini bisa menjadi cerminan langkah Fulham musim ini, apakah bakal sukses atau justru terkapar.

 

4 dari 6 halaman

Calum Chambers

Karier Calum Chambers di Arsenal bisa dibilang naik turun sejak bergabung pada 2014 silam. Ia sempat dipinjamkan dua kali menuju ke Middlesbrough dan Fulham. Kontraknya tercatat akan habis pada 30 Juni 2022, namun akhir-akhir ini ia merupakan bek sayap andalan Arteta. (AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS)

Doi diboyong dari Arsenal dengan status pemain pinjaman. Kedatangannya diharapkan bisa memperkokoh lini belakang.

Soalnya, pada musim sebelumnya, Fulham rapuh di jantung pertahanan yang membuat mereka jadi bulan-bulanan gempuran penyerang lawan. Chambers hanya satu musim di Fulham sebelum akhirnya kembali ke Emirates Stadium lantaran cedera.

 

5 dari 6 halaman

Jean Michael Seri

Juan Michael Seri resmi bergabung dengan klub promosi Premier League, Fulham. (Twitter/Fulham)

Lama tak terdengar, di mana gerangan Seri? Gelandang 31 tahun ini masuk daftar bersih-bersih bos Marco Silva. Sang pelatih menilai Seri kurang serius dalam setiap kesempatan yang dipercayakan kepadanya.

Datang dari Nice pada 2019, Seri hanya beberapa kali tampil. Akhirnya, klub melepasnya ke Galatasaray dan Bordeaux sebagai pemain pinjaman.

Pada bursa transfer musim panas, Seri berseri-seri. Soalnya, Hull City mengikatnya dengan transfer resmi.

 

6 dari 6 halaman

Andre-Frank Zambo Anguissa

Gelandang Fulham, Andre-Frank Zambo Anguissa (kiri) berebut bola dengan gelandang Leeds United, Stuart Dallas dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/2021 pekan ke-29 di Craven Cottage, London, Jumat (19/3/2021). Fulham kalah 1-2 dari Leeds United. (AP/Justin Setterfield/Pool)

Sama-sama apes, nasib Anguissa tak jauh beda dengan Seri. Digembar-gemborkan bakal cemerlang sejak diboyong dari Marseille, Anguissa malah melempem.

Ia merasa tak diperlukan lagi, bek asal Kamerun itu dipinjamkan ke Villarreal serta Napoli. Di Napoli, Anguissa bernasib baik. Partenopei kemudian membelinya secara resmi dari Fulham.

Berita Terkait