Hadapi Wang Tzu-wei di 16 Besar Kejuaraan Dunia 2022, Jonatan Christie: Bukan Laga yang Mudah

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 23 Agu 2022, 21:53 WIB
Jonatan Christie. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Tokyo - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil melangkah ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 setelah mengalahkan wakil Jerman, Kai Schaefer, pada laga babak kedua yang digelar di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Selasa (23/8/2022). Jonatan Christie bakal berhadapan dengan wakil Chinese Taipei, Wang Tzu-wei, pada babak selanjutnya, dan menganggap laga tersebut tak akan mudah.

Jonatan Christie mampu tampil dominan pada laga babak kedua Kejuaraan Dunia 2022. Tunggal putra Indonesia itu mampu mengunci kemenangan dua gim langsung dengan sangat mudah, di mana laga berakhir 21-4 dan 21-16.

Advertisement

Kemenangan itu membawa Jonatan Christie melangkah ke-16 besar dan dipastikan berhadapan dengan wakil Chinese Taipei, Wang Tzu-wei. Tunggal putra peringkat 16 dunia itu berhasil melangkah ke 16 besar setelah menang 21-18 dan 21-16 atas tunggal putra China, Lu Guangzu.

Jonatan Christie kini langsung fokus untuk mempersiapkan diri menatap laga 16 besar Kejuaraan Dunia tersebut. Pasalnya, Jojo, sapaan karibnya, menganggap Wang Tzu-wei bukan lawan yang mudah dikalahkan.

 

 

 
2 dari 5 halaman

Tidak Mudah

Jonatan Christie menyegel tiket perempat final Malaysia Open 2022. (PBSI)

 

Dari laman BWF, Jonatan Christie dan Wang Tzu-wei tercatat sudah 11 kali bertemu. Namun, dari total perjumpaan tersebut, Jojo hanya empat kali meraih kemenangan, terakhir pada fase grup Piala Thomas 2020 yang digelar Oktober 2021.

"Sekarang tinggal menyiapkan diri untuk lawan berikutnya. Tidak mudah pastinya karena dalam pertemuan terakhir menghadapi Wang Tzu-wei, saya kalah dan pertandingan berjalan ketat.

Dalam pertemuan terakhir keduanya, Jonatan Christie memang kalah di turnamen Malaysia Masters 2022 lewat pertandingan yang cukup sengit, di mana Jojo kalah 21-16, 18-21, dan 25-27.

3 dari 5 halaman

Persiapan

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie. (foto: PBSI)>

 

Menyadari bahwa pertandingan 16 besar Kejuaraan Dunia 2022 tidak akan berjalan dengan mudah, Jonatan Christie mengaku persiapan untuk strategi akan dilakukannya setelah membaca situasi terakhir terlebih dulu.

"Pastinya nanti harus membaca kondisi lapangan dulu. Kemarin saya bermain di lapangan dua itu agak berangin. Hari ini di lapangan satu bisa dibilang sempurna kondisi lapangannya. Baru masuk ke strategi harus bagaimana melawan dia yang punya serangan bagus dan ulet," ujar Jojo.

 

4 dari 5 halaman

Soal Kemenangan atas Wakil Jerman

Jonatan Christie. (foto: PBSI)

Jonatan Christie terbilang tampil sangat dominan dalam laga babak kedua Kejuaraan Dunia 2022. Terbukti pada gim pertama, Kai Schaefer hanya diberikan empat poin saja.

Namun, Jojo mengaku bahwa kemenangan tersebut juga diraihnya karena ada begitu banyak kesalahan yang dibuat oleh pemain lawan.

"Kalau pertandingan tadi, saya melihat lawan banyak melakukan kesalahan sendiri di gim pertama. Beberapa kali bolanya bisa saya tebak. Jadi dia sedikit kurang lepas dan saya coba manfaatkan. Pada gim kedua, dia bermain lebih lepas dan nothing to lose, sehingga permainan pun mulai keluar. Puji Tuhan saya bisa mengatasinya," ujar Jojo.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Wakil Indonesia, Selasa 23 Agustus 2022

Logo BWF. (BWF)

Hasil Pertandingan

Babak Pertama

Ganda campuran

  • Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela vs Mikel Mikkelsen/Rikke Soby (Denmark): 21-17, 16-21, 22-20

Ganda putri

  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Margot Lambert/Anne Tran (Prancis) 18-21, 19-21

Tunggal putri

  • Putri Kusuma Wardani vs Soniia Cheah (Malaysia): 19-21, 18-21

 

Babak Kedua

Tunggal Putra

  • Anthony Ginting vs Georges Julien Paul (Mauritius) 21-10, 21-16
  • Jonatan Christie vs Kai Schaefer (Jerman): 21-4, 21-16

 

Jadwal Pertandingan

Tunggal putri

  • Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi (Jepang)

Ganda campuran

  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Lee Yang/Yang Ching Tun (Chinese Taipei)
 

Berita Terkait