Foto: 5 Pebalap yang Pernah Jadi Pemenang di Formula 1 GP Belgia, Akankan Balapan Aneh Tahun Lalu Terulang Kembali?

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 24 Agu 2022, 14:23 WIB
Max Verstappen pernah menjadi pemenang di Formula 1 GP Belgia 2021. Balapan tersebut menjadi salah satu balapan paling aneh di F1. Setelah tertunda beberapa jam karena hujan, akhirnya balapan digelar di belakang safety car dan hanya berlangsung dalam dua lap saja. Verstappen yang mendapatkan pole position tentu diuntungkan. Pebalap asal Belanda tersebut berhasil finis nomor satu disusul oleh pebalap Williams, George Russell. (AFP/John Thys)
Lewis Hamilton menjadi pebalap aktif yang paling banyak meraih kemenangan di Formula 1 GP Belgia, yaitu pada tahun 2010, 2015, 2017, dan 2020. Catatan itu bahkan hanya kalah dari Ayrton Senna dan Michael Schumacher yang masing-masing pernah meraih 5 dan 6 kemenangan. Pada kemenangan terakhirnya, Hamilton berpose 'salam Wakanda' di atas podium untuk mengenang kematian aktor film Black Panther, Chadwick Boseman. (AFP/Francois Lenoir)
Charles Leclerc pernah meraih kemenangan di Formula 1 GP Belgia pada tahun 2019. Kemenangan tersebut cukup spesial karena ia baru melakoni musim perdananya bersama Ferrari. Meski begitu, perayaan kemenangannya terasa sedikit berbeda. Sebab, di saat bersamaan, dunia balap sedang kehilangan Anthoine Hubert. (AFP/Kenzo Tribouillard)
Sebastian Vettel akan melakoni balapan terakhirnya di Formula 1 GP Belgia usai pada bulan lalu mengumumkan pensiun di akhir musim 2022 ini. Ia pernah berada di puncak podium pada balapan tersebut ketika tahun 2011, 2013, dan 2018 bersama dua tim yang berbeda, yaitu Ferrari dan Red Bull. (AFP/Emmanuel Denand)
Daniel Ricciardo mampu membuat penampilan impresif pada Formula 1 2014, dimana dirinya berhasil mengakhiri musim dengan finis di urutan ketiga. Tampil bersama Red Bull, pebalap asal Australia tersebut berhasil meraih tiga kemenangan, salah satunya di F1 GP Belgia. Ricciardo berhasil menjadi yang pertama melewati garis finis disusul Nico Rosberg dan Valtteri Bottas. (AFP/John Thys)

Berita Terkait