BRI Liga 1: Absennya Carlos Fortes Bikin PSIS Punya Cara Lain untuk Membobol Gawang Lawan

oleh Hery Kurniawan diperbarui 10 Sep 2022, 09:30 WIB
PSIS Semarang - Ilustrasi Carlos Fortes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang tampil ganas di Piala Presiden 2022 lalu. Pada ajang pramusim itu, PSIS bisa mencetak 15 gol hanya dalam empat laga fase grup.

Saat itu aktor utama ketajaman PSIS adalah penyerang asing mereka, Carlos Fortes. Sepanjang Piala Presiden 2022, Fortes mampu mencetak lima gol.

Advertisement

Namun, petaka datang bagi PSIS Semarang dan Fortes ketika menjalani laga leg pertama semifinal Piala Presiden 2022. Dalam pertandingan melawan Arema FC (7/7/2022), striker asal Portugal tersebut mengalami cedera hamstring.

Sialnya, cedera itu sampai saat ini masih diderita Carlos Fortes. Hingga kini, pemain berusia 27 tahun itu belum sempat menjalani debut di BRI Liga 1 2022/2023 bersama PSIS.

Dampak absennya Carlos Fortes sangat terasa. Dalam delapan pekan awal BRI Liga 1 2022/2023, PSIS Semarang baru bisa mencetak delapan gol. Artinya jika di rata-rata, Tim Mahesa Jenar hanya bisa mencetak satu gol dalam satu pertandingan.

 

2 dari 6 halaman

Penyerang Lokal Belum Bisa Diandalkan

Pemain PSIS Semarang, Hari Nur Yulianto (kanan) berusaha mencetak gol dibayangi kiper Persikabo 1973, Tedi Heri Setiawan dalam laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (18/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

PSIS sebenarnya tidak kekurangan stok striker. Di daftar pemain masih ada Hari Nur Yulianto yang sudah sangat lama membela PSIS Semarang.

Kemudian ada penyerang muda, Andreas Ado. Bahkan, PSIS kemudian mendatangkan Titus Bonai sebagai striker darurat.

Namun, ketiganya masih belum bisa diandalkan sampai saat ini. Tiga pemain itu masih belum mencetak gol untuk PSIS Semarang di BRI Liga 1 2022/2023.

 

3 dari 6 halaman

Sergio Alexandre Kehilangan Jabatan Pelatih

Pelatih Persiraja Banda Aceh, Sergio Alexandre yang baru menangangi Persiraja di putaran kedua pada awal Januari 2022 belum mampu berbuat banyak. Ia hanya mencatat satu kali kemenangan, menyamai catatan pelatih sebelumnya Hendri Susilo. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sergio Alexandre kemudian menjadi korbannya. Pelatih asal Brasil itu didepak dari PSIS karena timnya susah mencetak gol dan kesulitan meraih kemenangan.

Meski seharusnya kesalahan tidak hanya dibebankan kepada Alexandre. Sebab, eks pelatih Persiraja Banda Aceh itu datang ketika PSIS Semarang sudah nyaris 100 persen terbentuk.

Sergio Alexandre didepak dari kursi pelatih PSIS Semarang pada 24 Agustus 2022. Saat itu, Tim Mahesa Jenar baru saja mengalami kekalahan 0-1 di kandang Persebaya Surabaya.

 

4 dari 6 halaman

Temukan Cara Lain

PSIS Semarang - Ilustrasi Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Asisten pelatih PSIS Semarang, Achmad Resal Octavian, naik jabatan. Resal didapuk menjadi pelatih interim sampai PSIS menemukan pelatih kepala baru.

Resal rupanya mampu memberikan perubahan yang cukup menarik, terutama di lini depan PSIS Semarang. Perubahan itu dimulai saat PSIS bertandang ke markas Persis Solo pada 3 September 2022.

Saat itu, Resal secara mengejutkan tidak memasang striker murni. Ia menaruh Taisei Marukawa yang merupakan seorang winger di posisi penyerang tengah.

Hasilnya cukup lumayan, meski pada laga itu PSIS hanya bisa mengamankan skor imbang 0-0.

 

5 dari 6 halaman

Perubahan yang Berhasil

Winger PSIS Semarang, Taisei Marukawa mendapatkan tekel keras dari bek Persis Solo, Andri Ibo dalam lanjutan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah (21/6/2022) (Dok. PSIS Semarang)

Perubahan yang dibuat Resal benar-benar berhasil saat PSIS Semarang menjamu Persikabo 1973, Jumat (9/9/2022). Dalam pertandingan tersebut, Tim Mahesa Jenar menang 3-2.

Resal menggunakan susunan pemain depan yang sama seperti pada laga melawan Persis. Marukawa di posisi penyerang tengah, sementara Wawan Febrianto dan Riyan Ardiansyah di posisi winger.

6 dari 6 halaman

Simak Posisi PSIS Semarang di Bawah Ini:

Berita Terkait