Foto: Barisan 5 Striker Tajam yang Meninggalkan Liga Inggris di Awal Musim 2022 / 2023, Sebagian Besar Balik ke Mantan

oleh Hendriyan diperbarui 10 Sep 2022, 16:13 WIB
Liga Inggris terkenal dengan persaingannya yang ketat. Bukan saja persaingan antar-klub yang berlaga, namun juga persaingan intern antar-pemain dalam satu klub. Para pemain yang kalah bersaing, tak terkecuali para striker, akhirnya memilih hengkang dari Liga Inggris. Musim 2022/2023 ini tercatat ada 5 striker yang memutuskan hengkang dari Liga Inggris, yang sebagian besar akibat penurunan performa hingga berimbas dengan tersingkirnya dari pilihan utama. (Kolase AFP)
Romelu Lukaku. Striker asal Belgia berusia 29 tahun ini kembali berseragam Inter Milan di awal musim 2022/2023 setelah dilepas Chelsea dengan status pinjaman. Meski tampil lumayan bersama Chelsea musim lalu dengan mencetak total 15 gol dalam 44 laga di semua ajang, namun hubungannya yang tak harmonis dengan Thomas Tuchel yang baru saja dipecat Chelsea, menjadikannya jarang dimainkan. Bersama Inter Milan musim ini ia telah mencetak 1 gol dan 1 assist dari 3 laga awal di Liga Italia. (AFP/Alberto Pizzoli)
Edinson Cavani. Setelah dua musim membela Manchester United, striker Uruguay berusia 35 tahun ini akhirnya meninggalkan Old Trafford dan berlabuh ke Valencia di awal musim 2022/2023. Tak menjadi pilihan utama bersama dua pelatih sebelumnya, Ole Gunnar Solskjaer dan Ralf Rangnick ditambah dengan kehadiran kembali Cristiano Ronaldo menjadikannya jarang dimainkan dan berimbas dengan raihan golnya yang mentok di angka 19 dari total 59 laga. Dengan bergabung bersama Valencia, ia berharap peluangnya menjadi pilihan utama tetap terjaga. (AFP/Jose Jordan)
1. Timo Werner. Setelah dua musim membela Chelsea, striker Jerman berusia 26 tahun ini akhirnya kembai ke klub lamanya RB Leipzig pada awal musim 2022/2023. Chelsea menganggap sang pemain tidak tampil seperti yang diharapkan dan akhirnya rela melepasnya dengan biaya 20 juta euro, jauh di bawah harga saat ia didatangkan yang mencapai 53 juta euro. Bersama Chelsea ia hanya mampu mencetak 23 gol dari total 89 laga di semua ajang, jauh dari pencapaiannya saat membela RB Leipzig dengan torehan 99 gol dari total 165 laga. Kini dari total 6 laga di semua ajang ia telah mencetak 4 gol bagi RB Leipzig. (AFP/Odd Andersen)
Alexandre Lacazette. Striker asal Prancis berusia 31 tahun ini kembali membela Olympique Lyon di awal musim 2022/2023 setelah dilepas gratis oleh Arsenal. Setelah 5 musim membela The Gunners, kontraknya tak diperpanjang akibat peremajaan dalam skuat Arsenal di bawah kepemimpinan Mikel Arteta. Ia total mencetak 71 gol dan 36 assist dalam 216 laga di semua ajang bareng Arsenal. Awal musim ini ia telah mencetak 4 gol dan 1 assist dalam 6 laga awal Liga Prancis musim 2022/2023. (AFP/Jean Philippe Ksiazek)
Sadio Mane. Tidak ada yang menyangka striker Senegal berusia 30 tahun ini memilih hengkang dari Liverpool setelah 6 musim yang cukup menjanjikan. Masih menjadi pilihan utama Jurgen Klopp, ia akhirnya hijrah ke Bayern Munchen di awal musim 2022/2023 dengan nilai transfer 32 juta euro untuk menutup lubang yang ditinggalkan Robert Lewandowski yang hengkang ke Barcelona. Bersama Bayern Munchen di awal musim ini ia telah mencetak 5 gol dari total 8 laga di semua ajang. (AFP/Christof Stache)