Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Dicoret Shin Tae-yong, Ferdiansyah Tetap Doakan Timnas Indonesia Taklukkan Timor Leste

oleh Muhammad Faqih diperbarui 15 Sep 2022, 09:53 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-19, Ferdiansyah Cecep Surya menggiring bola saat matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Thailand U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (06/07/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Bandung - Pemain muda Persib Bandung, Ferdiansyah, gagal memperkuat Timnas Indonesia U-20 pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dia masuk dalam daftar pemain yang dicoret pelatih Shin Tae-yong.

Keputusan Shin Tae-yong mencoret Ferdiansyah dari Timnas Indonesia U-20 memang mengejutkan. Ferdiansyah sempat menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022. 

Advertisement

Pemain berusia 19 tahun itu akhirnya kembali ke Persib. Ferdiansyah terlihat hadir dalam sesi latihan tim di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Selasa (13/9/2022). 

"Sekarang ya Ferdi kembali fokus ke Persib, mencari menit bermain juga karena coach Luis Milla kan senang sama pemain muda katanya, kerja keras di sini lah supaya dilihat lagi sama coach Shin Tae-yong," kata Ferdiansyah kepada awak media.

 

2 dari 5 halaman

Nasihat Luis Milla

Pemain muda Persib Bandung, Ferdiansyah berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bola.com/Muh ammad Faqih )

Jebolan Garuda Select ini juga mendapat petuah dari Luis Milla setelah kembali ke Persib. Luis Milla meminta Ferdi untuk tidak patah semangat dan tetap kerja keras.

"Coach Luis meminta saya fokus di sini, jangan memikirkan lagi kenyataan tidak lanjut di Timnas Indonesia." kata Ferdiansyah. 

Dia juga bilang mendukung penuh saya, dan dia senang bekerja sama dengan pemain muda. Coach juga meminta saya terus bekerja keras," ucapnya.

 

3 dari 5 halaman

Dapat Pelajaran Berharga

Selama bergabung di Timnas, Ferdi mengaku mendapat banyak pelajaran berharga. Itu menjadi modal baginya saat kembali ke Persib.

"Pelajaran yang bisa diambil adalah motivasi dan kerja keras di sana selama pemusatan latihan," terangnya.

Meski gagal lolos, Ferdi tetap memberikan dukungan untuk rekannya di Timnas U-19. Apalagi, Timnas akan melakoni laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 melawan Timor Leste, Rabu (14/9/2022).

"Buat Timnas Indonesia semoga pada pertandingan perdana melawan Timor Leste mendapat hasil terbaik," harap Ferdi. 

4 dari 5 halaman

Siap Tempur

Para pemain Timnas Indonesia U-20 menjalani sesi latihan di Lapangan Thor, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (13/9/2022) menjelang tampil dalam kualifikasi Piala Asia U-20 pada 14-18 September 2022. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Sementara itu, Manajer Timnas Indonesia U-20, Sumardji, menegaskan seluruh pemain dalam kondisi siap tempur. Sumardji berharap semua pemain bisa tampil habis-habisan dan meraih kemenangan pada laga pembuka melawan Timor Leste. 

"Alhamdulillah semua dalam kondisi baik. Semuanya juga sehat dan bisa dilihat sendiri semuanya semangat," kata Sumardji di Surabaya.

"Tinggal bagaimana kami memoles anak-anak untuk memberikan motivasi lebih agar besok bertarung all out dan habis-habisan bisa membawa harum nama Indonesia," ucap Sumardji.

 

5 dari 5 halaman

Wajib Lolos

Para pemain Timnas Indonesia U-20 menjalani sesi latihan di Lapangan Thor, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (13/9/2022) menjelang tampil dalam kualifikasi Piala Asia U-20 pada 14-18 September 2022. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Sumardji juga menambahkan Timnas Indonesia U-20 mendapatkan target tinggi pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pasukan Shin Tae-yong diharapkan bisa lolos dan meraih tiket Piala Asia U-20.

"Latihan ini untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 karena kita juga sebagai tim tuan rumah. Saya bersama Coach Shin dan target dari Ketua Umum, bagaimanapun caranya, apapun alasannya supaya kita bisa lolos dari kualifikasi," ucap pria berpangkat Komisaris Besar Polisi itu.

Timnas U-20 tergabung di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ronaldo Kwateh dkk. akan bersaing dengan Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong.  

Berita Terkait